Industri & Perdagangan

PLN Tes Mobil Listrik Perjalanan Jakarta-Bali

Ilustrasi SPKLU PLN

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– PT PLN (Persero) menguji kemampuan dan kecanggihan mobil listrik dengan rute perjalanan Jakarta menuju Bali. Langkah ini dalam rangka mendorong ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KLBB). Diharapkan, langkah tersebut bisa jadi edukasi kepada masyarakat luas. “Saya ingin memberikan input terkait titik-titik lokasi SPKLU ke depannya sehingga memberikan kemudahan bagi pengguna kendaraan listrik,” kata Komisaris PLN Dudy Purwagandi dalam siaran persnya, Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

Lebih jauh Dudy menjelaskan saat ini PLN sudah menyiapkan infrastruktur seperti Stasiun Pengisian
Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). “Dari literatur dan informasi yang ada penggunaan kendaraan listrik di dalam kota sangat efisien, sehingga saya ingin mencoba rute jarak jauh,” terangnya.

Bahkan Dudy berencana membandingkan biaya yang harus dikeluarkan selama perjalanan saat menggunakan kendaraan terkait.

Pasalnya, penggunaan kendaraan listrik masih kerap dikhawatirkan mengingat pengalaman berkendara yang berbeda dengan mobil konvensional khususnya pada konsumsi energi.

“Dari sisi biaya kendaraan listrik menawarkan biaya yang lebih murah dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak saat ini,” paparnya.

Sebelumnya PLN telah meresmikan penambahan empat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), yaitu SPKLU Rest Area Km 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area Km 519 A/B Sragen.

PLN berkomitmen untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna KLBB dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan. Direncanakan hingga tahun 2025 mendatang, PLN akan membangun 2.400 SPKLU.

Dudy menyampaikan bahwa PLN akan terus mendukung implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

“Saya sangat mengapresiasi atas komitmen dan dukungan Direksi PLN terhadap perkembangan mobil listrik di tanah air,” tutupnya. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top