Nasional

Pimpinan DPR Cek Terakhir Lokasi Penyambutan Raja Salman

JAKARTA – Ketua DPR Setya Novanto bersama Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya melihat langsung persiapan dan juga foto-foto raja pada saat beliau ada dan juga Presiden menerima raja. Itu sudah dipersiapkan dan juga tempat duduk, tempat tanda tangan dan sebagainya. Mudah-mudahan sudah tuntas semua dan dari sisi keamanan dan kenyamanan lebih baik. Karena DPR menyampaikan terima kasih kepada Polri, TNI, Pamdal, Kesetjenan yang semuanya solid dan mempersiapkan sebaik-baiknya kedatangan Raja Salman ini.

Demikian disampaikan Novanto saat melakukan pengecekan terakhir Gedung Paripurna I DPR RI tempat Raja Salman akan hadir dan berpidato.”Saya mohon doa dari rakyat Indonesia dan hadirin untuk menerima King Salman yang akan menghadiri acara ini. Ini penghormatan besar sejak kunjungan terakhir 47 tahun kilas balik, sebelumnya Raja Faisal dan juga adanya DPR ini akan lebih mengangkat derajat yang mulia,” tegas Novanto pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Sejumlah tokoh akan menghadiri pidato Raja Salman di DPR. Novanto mengatakan Ketum PDIP sekaligus presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri akan hadir. “Mudah-mudahan Bu Mega hadir, dan sampai tadi malam (konfirmasi) hadir. Saya belum cek yang lain-lain, tapi para menteri mudah-mudahan hadir,” ujar Ketua Umum Golkar itu.

Tapi, Novanto enggan membeberkan jamuan yang diberikan untuk Raja Salman. “Nanti kita lihat yang terang apa-apa kesenangan beliau kami siapkan, paling tidak airnya sudah disiapkan,” tambah Novanto.

Sebelumnya pemerintah dengan Arab Saudi telah menandatangani 11 nota kesepahaman (MoU). Novanto berharap agar MoU antara Indonesia dengan Arab Saudi dapat bermanfaat.

“Mudah-mudahan manfaat ini berguna. Bahkan presiden berkeinginan supaya para naik haji punya tempat atau hotel yang dekat dengan adanya tempat berdoa, yang ada di Saudi Arabia,” pungkasnya.

Menurut Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, hubungan dengan Indonesia dengan Arab Saudi karena umrah, ibadah haji dan juga hubungan-hubungan yang lain. “Mudah-mudahan dengan kehadiran Raja Salman yang merupakan penjaga tanah tanah suci Makkah ini bisa meningkatkan hubungan kedua negara menjadi lebih produktif, terutama di dalam bidang ekonomi itu yang kita harapkan,” kata Waketum Gerindra itu.

Kunjungan ini kata Fadli, merupakan satu momentum atau peristiwa diplomasi, ada diplomasi politik di sini, diplomasi ekonomi, diplomasi budaya ,diplomasi dan Indonesia sebagai negara muslim yang terbesar di luar Timur Tengah. Bahkan terbesar di dunia.

“Jadi, kehadiran Raja Salman ini kita harapkan pemerintah bisa menangkap peluang ini sebaik-baiknya. Jangan berhenti dalam sekedar MOU, tapi menindaklanjuti apa yang sudah misalnya dijanjikan atau dibuka peluang-peluang yang lain,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top