Nasional

Pimpinan DPD RI Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila

JAKARTA – Pimpinan DPD RI Oesman Sapta, Nono Sampono dan Darmayanti Lubis menghadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-72 di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jakarta Pusat, pada Kamis (1/6/2017) kemarin.

Peringatan tersebut dipimpin Presiden Joko Widodo dan dihadiri pimpinan lembaga negara dan beberapa menteri. Para menteri dan pejabat yang hadir mengenakan baju adat dalam memperingati hari lahir Pancasila ini. Dengan tema “Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni merupakan yang pertamakalinya diadakan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No.24 Tahun 2016.

Presiden RI Joko Widodo beberapa kali mengundang Pimpinan DPD RI untuk hadir dalam acara resmi kenegaraan. Undangan resmi tersebut menunjukkan legitimasi atas jabatan pimpinan DPD RI yang baru.

Sejak dilantik menjadi pimpinan DPD RI 4 April lalu, Oesman Sapta, Nono Sampono dan Darmayanti Lubis kerap diundang dalam acara kepresidenan RI. Acara pertama yaitu pada saat pelantikan komisioner KPU, Bawaslu dan Saldi Isra sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 11 April 2017 lalu.
Selanjutnya Presiden mengundang para pimpinan lembaga tinggi negara untuk buka puasa bersama, termasuk pimpinan DPD RI yang hadir saat itu yaitu Oesman Sapta dan Nono Sampono pada Senin (29/5/2017) lalu di Istana Bogor. Sejumlah pimpinan lembaga negara yang hadir diantaranya Ketua DPR Setya Novanto, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Mahyudin, dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Ketua DPD RI Oesman Sapta juga diundang dalam acara pengambilan sumpah jabatan dua anggota baru Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) periode 2017-2022 yaitu Agung Firman Sampurna dan Isma Yatun di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (20/4). Pelantikan serta pengambilan sumpah jabatan tersebut dipandu oleh Ketua MA, Hatta Ali dan disaksikan oleh para pimpinan lembaga negara, menteri dan pejabat di lingkungan BPK.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top