Uncategorized

Pilkada DKI, PDIP Berharap Parpol Koalisi Tetap Solid

JAKARTA – Seperti diketahui dalam Pilkada DKI Jakarta ini, parpol pendukung pemerintah tidak satu barisan mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Djarot Saiful Hidayat, yang diusung oleh PDIP, Golkar, NasDem dan Hanura. Sedangkan PKB, PPP, dan PAN malah mendukung Agus-Sylvi, meski gagal untuk maju ke putaran kedua pada April 2017 mendatang.

Karena itu dukungan di putaran II Pilgub DKI ini, kedua pasangan Ahok – Djarot dan Anies – Sandi sangat berharap dukungan parpol pendukung Agus – Sylvi tersebut meski suara konstituen tidak selalu berbanding lurus dengan instruksi partai. Namun, PAN belakangan makin gencar akan mendukung Anies – Sandi, yang didukung oleh Gerindra dan PKS.

Untuk itu DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira berharap koalisi di level nasional tetap solid meskipun berbeda gerbong dalam Pilkada DKI putaran kedua. “Semoga saja parpol pendukung pemerintah tetap solid,” tegas anggota Komisi I DPR RI Andreas Parera pada wartawan di Jakarta, Selasa (14/3/2017).

“Kami berharap tidak terjadi keretakan karena membangun Indonesia perlu sinergi dan gotong royong, termasuk oleh elemen parpol (partai politik). DKI ini merupakan ujian sinergitas parpol pendukung pemerintah,” kata Andreas.

Menurut Andreas, selama ini komunikasi dengan PAN tetap berjalan baik meski ada perbedaan dalam arah dukungan di Pilkada DKI. “Soal dukungan untuk paslon di Pilgub DKI, kami berharap PAN akan memberikan dukungan sehingga selaras dengan dukungan di tingkat nasional,” ujarnya berharap.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebelumnya menyatakan pekan depan, partainya akan mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon Anies-Sandi dalam Pilkada DKI putaran kedua pada pekan depan. Pilihan tersebut sudah melewati pertimbangan yang matang dan mendalam serta mendengar masukan dari seluruh elemen partai.

Pilihan tersebut sudah melewati pertimbangan yang matang dan mendalam serta mendengar masukan dari seluruh elemen partai. “Soal (salam) Oke Oce itu gini, mudah-mudahan kami akan deklarasi dukungan terhadap Anies-Sandi. Minggu depan di Kantor DPP PAN. Nanti saya undang semua,” kata Zulkifli.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap. Ia mengatakan keputusan mendukung Anies-Sandi diambil mengikuti suara yang ada di akar rumput. “Hampir semua akar rumput di PAN sejak awal memang menginginkan partai mendukung Anies-Sandi dalam Pilkada DKI putaran kedua,” ungkapnya.

Hal yang sama juga terjadi di level elite partai. Sebab, baik di level elite dan akar rumput sama-sama menginginkan perubahan di DKI Jakarta. “Apalagi di kami, pasangan nomor 2 (Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat) tidak populer. Dan di elite dan akar rumput kami menginginkan perubahan di Jakarta, menginginkan pemimpin yang lebih dekat dengan rakyat, itu yang jadi pertimbangan utama,” kata Mulfachri.

Dalam putaran pertama, PAN mendukung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni. bersama Demokrat, PPP dan PKB. Pasangan Anies-Sandi akan menghadapi pasangan Ahok-Djarot yang didukung PDI-P, Golkar, Nasdem dan Hanura.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top