Nasional

Perpres Langkah Cerdas Presiden Menyelesaikan Masalah Pendidikan

JAKARTA, Ketua DPR Setya Novanto menilai cerdas langkah Presiden Jokowi untuk merespon masalah pendidikan dengan menerbitkan Perpres No.87 tentang pendidikan karakter.

Presiden Jokowi telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. “Ini menunjukan keseriusan pemerintahan Presiden Jokowi untuk memperkuat karakter peserta didik,” tegas Setya Novanto dalam keterangan persnya pada wartawan Kamis (7/9/2017).

Perpres ini kata Novanto bisa menjadi jembatan terhadap perdebatan pemberlakuaan full day school (FDS) yang beberapa waktu lalu menjadi sorotan masyarakat.

Melalui Perpres ini kata Novanto, setiap sekolah diberikan kesempatan untuk memilih pelaksanaan sekolah selama 5 atau 6 hari dalam sepekan.

Dengan demikian, kearifan lokal yang berada di setiap daerah, seperti Madrasah Diniyah (tetap bisa berjalan.

“Jadi, dengan pemberlakuan Perpres ini, sesungguhnya tidak ada pihak yang dirugikan, sekaligus tidak ada pihak yang diuntungkan. Semuanya terlayani dengan baik. Semata demi kelancaran proses pendidikan anak-anak,” tambah Ketum Golkar.

Langkah cerdas Presiden Jokowi menerbitkan Perpres ini menurut Novanto, menunjukan kepiawaian beliau dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa,” ungkapnya.

Hal itu sekaligus menunjukan kecakapan Presiden dalam hal manajerial. Terlebih, sebelum mengeluarkan Perpres, Presiden telah terlebih dahulu meminta dan mendengarkan secara langsung masukan dari berbagai organisasi dan tokoh masyarakat.

Dengan demikian kata Novanto, Perpres yang dikeluarkan bisa komprehensif dan langsung tepat mengenai sasaran, tanpa menimbulkan perdebatan baru di masyarakat.

“Selanjutnya, mari kita dukung pelaksanaan Perpres ini, sambil mengawasi pelaksanaannya di lapangan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top