Industri & Perdagangan

Penurunan Harga Gas Harus Bisa Memacu Pertumbuhan Industri Berorientasi Kerakyatan

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kebijakan pemerintah menurunkan harga gas untuk kalangan industri mendapat respon beragam. Namun begitu, kalangan DPR mengingatkan agar harga gas sebesar USD6/MMBTU harus dinikmati pelaku industi yang tepat dan benar-benar memberi dampak kesejahteraan rakyat.

“Kami mengapresiasi soal penurunan harga gas untuk industri ini, karena sangat berguna sekali,” kata Anggota Komisi VI DPR Tommy Kurniawan dalam rapat kerja virtual dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Sekjen Kemenperin Dody Widodo di Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Seperti diketahui bahwa pemerintah telah memberlakukan harga gas untuk industri sebesar USD6 per MMBTU sesuai dengan implementasi Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi. “Beberapa perusahaan memang sudah menikmati turunnya harga gas, tentu kita sangat berterimakasih,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Kemenperin ada sekitar 176 perusahaan yang sudah menikmati harga gas USD6/MMBTU. Sementara dari catatan PT PGN, saat ini ada 184 dari total 188 industri yang telah menerima manfaat penurunan harga gas. “Tentunya penurunan harga gas ini sangat baik untuk pertumbuhan industri nasional,” tambahnya.

Sementara itu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) menegaskan kebijakan harga gas USD6/MMBTU ini telah dinikmati sekitar 176 perusahaan yang terdapat pada 7 sektor. Bahkan beberapa perusahaan sudah berencana mengganti teknologinya agar lebih efiesien.

Lebih jauh Agus menjelaskan bahwa Jawa bagian barat sudah tercover hingga 100, sementara Jawa Bagian Timur 82%, Sumatera bagain utara dan sumatera sekitar 20%-30%. “Kami targetkan agar penerima penurunan harga gas ini bisa semakin bertambah dan coverage terus meningkat,” jelasnya.

Menperin mengaku saat ini pihaknya sedang mengusulkan agar penerima penurunan harga gas ini bisa dinikmati oleh lebih banyak perusahaan. Pada prinsipnya semua industri yang membutuhkan gas, harus bisa ikut menikmati, terutama untuk industri yang menjadikan gas sebagai bahan baku. “Jadi harus menikmati turunnya harga gas USD6/MMBTU.”

Kebijakan penurunan harga gas, kata Menperin, setidak sangat lumayan karena membantu kinerja industri dibanding seblum adanya penurunan harga gas. Tapi dibeberapa negara sudah ada yang menikmati harga gas dibawah USD6/MMBTU, yakni USD3-USD4/MMBTU. “Kemenperin akan terus menerus mencari terobosan, karena harga gas ini sangat penting sebagai bahan baku dan energi,” imbuhnya. ***

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top