Headline

Penjualan Produk Sepatu UKM Mojokerti Naik 10%

MOJOKERTO-Perkembangan UKM industri alas kaki, alias sepatu di Mojokerto mengalami peningkatan hampir 10%. Tentu saja peningkatan ini akibat peran serta pemerintah setempat. “Khususnya dalam permodalan, pemerintah mengucurkan pinjaman modal tanpa bunga mulai dari Rp 10-50 juta,” kata Ketua Komunitas Pengusaha Alas Kali (Kompak) Kota Mojokerto Emru Syuhadak di Mojokerto, Senin (8/5/2017).

Sejak lama Mojokerto menjadi pusat kerajinan sepatu yang rata-rata menghasilkan 2.000 kodi tiap bulannya.
Bahkan rata-rata UKM sepatu ini berupa home industri. “Home industry alas kaki mencapai 380 unit dengan elibatkan 15 ribu tenaga kerja. Rata-rata tiap bulan, para pengrajin mampu menghasilkan 2.000 kodi sepatu dan sandal,” tambahnya.

Pemasarannya, lanjut Emru, menyentuh hampir semua kota dan kabupaten di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Menurut dia, sepatu buatan pengrajin di Mojokerto banyak diminati karena desainnya yang terus mengikuti perkembangan model. Mulai dari sepatu berbahan kulit, imitasi, hingga karung goni. “Rata-rata tiap tahun ada peningkatan penjualan 10%,” ucapnya.

Namun, kata Emru, pengusaha UKM sepatu mengeluhkan belum adanya merk resmi sepatu buatan Kota Mojokerto. Malah sepatu dan sandal ini justru dianggap buatan daerah lain. “Pemerintah kurang pada pembangunan ikon. Karena yang terkenal malah sepatu Tanggulangin (Sidoarjo), padahal produk Mojokerto,” ungkapnya.

Persoalan tersebut juga diamini Wali Kota Mojokerto, Mas’ud Yunus. “Sepatu kita sudah menguasai Indonesia timur, seperti di Tanggulangin itu produk Kota Mojokerto karena kita tak punya merk,” ujarnya.

Untuk itu, Mas’ud mengaku telah menyiapkan merk khusus sebagai ikon sepatu Kota Mojokerto. Merk MOKER (Mojokerto Keren) itu akan dipatenkan dalam tahun ini. “Juga kami akan buat workshop semacam rumah sederhana untuk pelatihan produksi dan pemasaran, targetnya 2018,” pungkasnya. ***
)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top