Nasional

Pengamat: Megawati Lebih Nyaman dengan Prabowo?

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Direktur Eksekutif Voxpol Indonesia, Pangi Syarwi Chaniago menilai Megawati lebih nyaman bekerjasama dengan Prabowo. Sehingga Prabowo hadir di pembukaan Kongres V PDIP di Bali, Kamis (8/8) kemarin.

“Jika Gerindra masuk ke gerbong kabinet Jokowi – Ma’ruf Amin, maka bisa memecah gelombong  dominasi tokoh inner circle selama ini, seperti Luhut, Hendro,  dan Surya Paloh,” demikian Pangi di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Karena itu kata Pangi, mungkin dan bisa saja Megawati sudah mulai tidak nyaman melihat sepak terjang dan cara kerja mereka yang terlalu mempengaruhi Jokowi selama ini.

“Sehingga masuknya Prabowo dan Budi Gunawan bisa memecah dominasi mereka, dan pelan-pelan mau mengubah kiblat politik Jokowi dari Gondangdia bergeser kembali ke Teungku Umar,” kata Pangi.

Hal itu menurut Pangi, sebuah rangkaian panjang setelah Presiden Jokowi ditetapkan KPU dan menang dalam gugutan sengketa di MK, lalu memulai fase rekonsiliasi.

“Naik ke level konsolidasi, di fase ini wajar ada resistensi karena ada yang tidak sepakat partai non koalisi bergabung dengan partai penguasa “the rulling party”  karena ada konsekuensi jatah menterinya akan berkurang,” ujarnya.

Apalagi partai koalisi sudah jauh-jauh hari berkeringat dan berdarah darah, tapi di tengah jalan masuk partai non koalisi. yang dianggap penumpang gelap, setelah Megawati merestui dan Jokowi membuka kunci untuk membangun bangsa.

“Jokowi seperti tidak keberatan jika partai non koalisi bergabung. Nanti finishing toch-nya adalah power sharing, rangkaian fase rekonsiliasi di dalam adalah pertemuan di MRT antara Jokowi dan Prabowo. Sementara pertemuan Prabowo dengan Megawati adalah fase konsolidasi termasuk kedatangan Prabowo di pembukaan Kongres PDIP dan mungkin juga nanti ada kunjungan balasan Megawati ke kediaman Prabowo di Hambalang,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top