Nasional

Penempatan Pegawai KPK Jadi PNS Diatur Pimpinan KPK

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo menegaskan, penentuan jabatan struktural pascaperalihan pegawai KPK menjadi ASN bukan ditentukan oleh kementeriannya. Penentuan jabatan struktural di KPK tetap diserahkan ke internal lembaga antirasuah itu sendiri.

“Proses penyeleksian atau penempatan jabatannya mau di mana (ditempatkan), diserahkan ke pimpinan KPK, apakah masih menjabat di posisi yang sama atau tidak, bukan kami,” ujar Tjahjo di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

“Kalau kami (Kementerian PANRB yang menentukan), nantinya dikira terlalu intervensi ke dalam,” katanya. Bahwa Kementerian PANRB hanya berwenang mengenai keuangan.

“Kami hanya menata mengenai keuangannya, tetapi yang menyangkut hak protokolernya, kami serahkan ke Mensesneg. Dimana peralihan status pegawai KPK menjadi ASN berlaku otomatis,” ujarnya.

Sebab kata Tjahjo, hal itu merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK yang merupakan revisi dari undang-undang sebelumnya. “Otomatis, dengan adanya undangan yang baru dan Undang-undang ASN semuanya, ikut menjadi ASN. Untuk pendataan pegawai yang beralih menjadi ASN terserah pimpinan KPK, tapi Perpres kan sudah selesai,” tambah Tjahjo.

Menteri Tjahjo Kumolo pun memastikan, seluruh perubahan pada KPK tidak menyimpang dari UU KPK serta UU ASN sebagaimana yang telah diarahkan oleh Menteri koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top