Nasional

Pendapatan Bea Balik Nama Pemprov Jatim Rp45 Miliar

SURABAYA-Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengungkapkan pendapatan dari bea balik nama (BBN) kedua dan seterusnya mencapai sekitar Rp 45 miliar dalam kurun waktu tiga bulan mulai September-Desember 2016. Pendapatan ini terkait dengan (Pergub) Jawa Timur Nomor 44 Tahun 2016 tentang Pemberian keringanan dan pembebasan pajak daerah untuk rakyat Jawa Timur Tahun 2016. “Kami sudah berhitung berapa pendapatan yang hilang dari BBN kedua dan seterusnya,” kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Bobby Soemiaraso di Surabaya, Jumat (2/9/2016).

Menurut Bobby, program pembebasan denda pajak ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor, serta melakukan pendaftaran kepemilikan kendaraan bermotor khususnya untuk penyerahan kedua dan seterusnya. “Ini memberikan rasa kepastian hukum bahwa dia pemilik kendaraan bermotor yang bersangkutan,” ungkapnya.

Berdasarkan data jumlah kendaraan bemotor di Jawa Timur hingga Agustus 2016 ini mencapai 16,6 juta lebih. Dari jumlah tersebut, yang menunggak membayar pajak nilainya mencapai lebih dari Rp 300 miliar. “Yang tidak tertagih sampai Agustus 2016 ini sekitar Rp 300 miliar,” ujarnya.

Program ini, kata Bobby, ada baiknya, karena memberikan manfaatnya seperti meningkatkan akurasi database kendaraan bermotor, meningkatkan tertib administrasi pengelolaan pajak daerah dan mengurangi pertumbuhan piutang pajak kendaraan bermotor.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top