Nasional

Pemimpin Jangan Lupakan Rakyatnya

TULUNGAGUNG-

Saat bertatap muka dengan masyarakat di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Minggu (7/5/2017. Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang menyampaikan pesan-pesan soal kepemimpinan.

Di hadapan ratusan warga, Oesman Sapta mengatakan bahwa jaman sekarang berbeda dengan masa lalu. Sebagai jaman yang penuh keterbukaan maka ditegaskan agar kita sering bertemu dan bertatap muka dengan masyarakat. “Jangan pernah bermimpi mau mau jadi pemimpin tapi nggak mau turun ke lapangan,” kata OSO panggilan akrabnya.

Soal kepemimpinan, OSO kesempatan itu dirinya menyampaikan kiat-kiat khusus. “Gunakan strategi 5 S,” pesannya.

Kelima S itu adalah strategi, struktur, skill, sistem, speed and target. Dengan menggunakan kiat itu dirinya yakin bangsa ini akan bangkit dan jaya sehingga dapat membangun bangsa.

Sebagai pemimpin yang berkomitmen dengan 5 S dan gaya kepemimpinan jaman sekarang maka Oesman Sapta bertekad untuk sering bersilaturahmi dengan masyarakat. “Saya mau ke kampung-kampung,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakatlah yang harus dilayani bukan pemimpin ya g minta dilayani rakyat yang telah memilihnya. “Jangan dibalik setelah menjadi pemimpin maunya dilayani,” imbuhnya.

Oesman Sapta mengingatkan jangan menyampaikan sesuatu yang rumit dan terlalu panjang. “Berbicaralah dengan rakyat dengan bahasa yang mudah dipahami,” kata OSO panggilan akrabnya.

Mengutip falsafah Jawa, ia menekankan agar pemimpin jangan lupa diri dan selalu ingat dengan rakyat yang telah memilihnya. “Kalau jadi orang ojo rumongso biso, tapi biso’o rumongso,” ujarnya.

Makna dari falsafah itu adalah jangan merasa bisa tapi bisalah merasakan kesulitan dan kesusahan rakyat. “Jadi orang jangan sombong,” kata OSO yang juga Ketua umum Partai Hanura.(har)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top