Nasional

Pemerintah Siapkan UU Pemindahan Ibu Kota

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan sebagian wilayah Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru Republik Indonesia. Selanjutnya pemerintah akan menyiapkan undang-undang (UU).

“Sehubungan dengan itu, pemerintah akan segera menyiapkan RUU untuk disampaikan ke DPR RI,” tegas Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Jokowi telah menyurati Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengenai keputusan tersebut.

Presiden Jokowi juga telah melampirkan hasil kajian mengenai calon ibu kota baru. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, pada 2020 fase persiapan dimulai. Pada fase tersebut, ujar dia, selain mematangkan undnag-undangnya, pemerintah juga mempersiapkan masterplan dan desain.

“Dan, juga kemudian kita siapkan, apakah lahan siap,” kata Bambang. Baca juga: Jokowi: Ibu Kota Baru di Sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kaltim Saat mengumumkan ibu kota baru, Jokowi terlihat didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selain itu, terlihat juga sejumlah pejabat pemerintahan, di antaranya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Hadir juga Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top