Infrastruktur

Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan Bukti Keseriusan Pemerintah

MINAHASA UTARA- Presiden Joko Widodo meninjau waduk Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara yang sedang dikerjakan pemerintah. Sejak 2015 silam, sudah 21 bendungan dibangun oleh pemerintah, di antaranya sudah ada yang selesai dan beroperasi, dan ada juga yang masih dalam tahap pembangunan.

“Di tahun 2015 kan sudah memulai 13 bendungan waduk yang sudah kita mulai. Tahun ini kita mulai delapan, jadi total 21 bedungan waduk,” kata Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan waduk Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Selasa (27/12/2016).

Bendungan Kuwil Kawangkoan yang berfungsi sebagai waduk berlokasi di Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Proyek tersebut sedang dalam peroses pembangunannya menelan biaya mencapai Rp. 1,42 triliun.

Pembangunan bendungan tersebut dinilai menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam membenahi infrastruktur Tanah Air. Total saat ini sudah 21 bendungan yang dibangun oleh pemerintah sejak tahun 2015 silam.

“Ini adalah waduk Kuwil di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, luasnya 308 hektar. Besar sekali, kapasitasnya 23 juta meter kubik. Fungsinya untuk air baku di bawah berarti di Manado, Bitung, Minahasa Utara,” kata Presiden Jokowi.

Presiden menjelaskan sejumlah manfaat akan diperoleh dari pembangunan waduk tersebut. Antara lain sebagai pembangkit listrik dan penunjang sektor pariwisata merupakan beberapa manfaat yang disinggung Presiden Joko Widodo.

“Fungsi kedua mengatasi banjir. Jadi banjir yang dulu melanda Manado berasal dari sungai Tondano di sini. Nanti juga ada fungsi pembangkit listrik, ya tiga ini yah nanti ditambah untuk pariwisata selesai kira-kira 2019,” imbuhnya.

Turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan.(har)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top