Headline

Pelaku UMKM Diminta Manfaatkan Asuransi Penjaminan Milik BUMN

I Nyoman Parta Menyosialisasikan Pentingnya Asuransi Penjaminan Untuk UMKM/Foto: Anjasmara

DENPASAR, SUARAINVESTOR.COM-Pelaku usaha UMKM belum banyak memanfaatkan produk asuransi terkait penjaminan kredit modal kerja (KMK) yang disediakan dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Pasalnya, informasi mengenai asuransi penjaminan ini belum tersampaikan ke masyarakat, bahkan banyak pelaku UMKM masih sangat awam.

“Padahal asuransi ini memiliki manfaat bagi masyarakat dan asuransi tidak diidentikan dengan perlindungan pada diri sendiri,” kata Anggota Komisi VI DPR, I Nyoman Parta kepada suarainvestor.com melalui pesan WhatApp (WA) usai menggelar sosialisasi Peran IFG (Indonesia Financial Group) dan anak perusahaan dalam menyediakan produk asuransi dan penjaminan di masyarakat, di Hotel Vasini, Denpasar, Sabtu (16/10/2021).

Parta Menerima Sertifikat Usai Melakukan Sosialisasi Kepada UMKM/Foto: Anjasmara

Parta Menerima Sertifikat Usai Melakukan Sosialisasi Kepada UMKM/Foto: Anjasmara

Lebih jauh Anggota Fraksi PDIP ini mengakui
selama ini pembicaraan terkait UMKM lebih banyak menyoroti masalah akses pembiayaan, kebijakan pendukung dan pengembangan kapasitas usaha dan lain sebagainya. “Namun ada program asuransi penjaminan yang begitu bagus, dan preminya ditanggung pemerintah. Sayangnya informasi ini tidak sampai ke petani, nelayan dan lainnya.”

Oleh karena itu, Legislator dari Pulau Dewata ini mendorong agar pelaku UMKM diberikan pencerahan soal pentingnya asuransi. “Maka mereka akan memproteksi diri melalui produk perusahaan BUMN asuransi untuk meminimalisasi resiko,” ucapnya lagi.

Puluhan Pelaku UMKM Menghadiri Sosialisasi Produk Asuransi BUMN/Foto: Anjasmara

Ratusan Pelaku UMKM Menghadiri Sosialisasi Produk Asuransi BUMN/Foto: Anjasmara

Dikatakan Parta, produk asuransi BUMN ini cakupan sudah bersifat makro, bahkan salah satunya bisa terhadap usaha-usaha kita. Memilih asuransi harus jelas yang sudah terdaftar di OJK. “Dan tidak perlu khawatir terhadap asuransi, apalagi asuransi ini punya BUMN,” ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini di depan puluhan penggiat UMKM seluruh Bali.

Parta juga menjelaskan, acara sosialisasi bersama BUMN asuransi sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM. Karena selama ini hanya fokus berbicara pada akses modal, pendampingan dan pelatihan UMKM.

“Ada program asuransi untuk petani, peternak, perikanan, nelayan yang ditanggung pemerintah tetapi belum terserap semuanya,” pungkasnya. ***

Penulis. : Iwan Damiri
Editor. : Chandra

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top