Market

Pehcun dan Festival Cisadane Bisa Dongkrak Kunjungan Turis Mancanegara

Pehcun dan Festival Cisadane Bisa Dongkrak Kunjungan Turis Mancanegara

TANGERANG, SUARAINVESTOR.COM – Perayaan Peh Cun hadir di Tangerang sejak tahun 1910 silam. Dimana semulanya digelar di Kali Besar Batavia Jakarta, namun dihentikan karena sungai menjadi dangkal, sehingga perayaan Peh Cun dipindahkan ke Kota Tangerang di Sungai Cisadane. Sejak itu, dan hingga saat ini perayaan Peh Cun pun terus dilestarikan oleh warga etnis Tionghoa bersama Pemkot Tangerang.

Tak terkecuali, di 2023, usai dua tahun dilanda pandemi, perayaan Peh Cun kembali digelar dengan meriah, dengan sederet agenda.

Festival Perahu Naga Peh Cun 2023, digelar dengan tema “Harmoni di Dalam Keberagaman”, dan dibuka dengan Wayang Potehi pukul 20.00 wib dan ritual memandikan perahu yang berumur 100 tahun lebih, di Pendopo Peh Cun Tanah Gocap, Rabu (21/6/23) malam.

Kepala Dinas Budaya & Pariwisata Kota Tangerang, R. Ridolloh menuturkan Pehcun adalah kegiatan rutin yg dilaksanakan oleh perkumpulan Boen Tek Bio harapannya setiap pelaksanaan nya agar selalu di upgrade ke lebih baik dan bisa menjadi salah satu tujuan wisatawan domestik maupun Asing ke Kota Tangerang. “Kegiatan pehcun dapat menjadi ajang informasi bahwa selain kegiatan pehcun yang dilaksanakan di bantaran sungai Cisadane tentunya ada juga festival Cisadane yang akan diselenggarakan di bantaran sungai Cisadane,” imbuh Rijal sapaan akrabnya

Sementara, Ketua Panitia Perayaan Peh Cun 2023 Mulio Kantjana, mengungkapkan Festival Perahu Naga Peh Cun berlangsung hingga 25 Juni mendatang. Dalam pembukaan ini, Wayang Potehi merupakan hiburan rakyat china sejak abad lama. Ini dihadirkan, untuk mereka para lansia yang dulunya rutin menonton wayang potehi dengan berbagai cerita mitos terkait kerajaan pendekar china.

“Sedangkan untuk ritual memandikan perahu merupakan ritual menyambut mulainya Festival Perahu Naga Peh Cun. Sebagai ritual pemberkatan kepada perahu, dengan harapan acara berlangsung aman dan perahu juga aman saat digunakan perlombaan,” imbuh Mulio.***

Penulis     :    A Rohman

Editor       :     Chandra

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top