Nasional

Peduli Lingkungan, Legislator Ini Tebar Benih Ikan dan Tanam Bibit Pohon

Peduli Lingkungan, Legislator Ini Tebar Benih Ikan dan Tanam Bibit Pohon

SUKABUMI, SUARAINVESTOR.COM-Maraknya penangkapan ikan dan penebangan pohon membuat getir Anggota DPR RI dari Fraksi partai Gerindra Heri Gunawan.

Betapa tidak, alam tempatnya ia lahir yaitu Kabupaten Sukabumi kini tengah dalam kondisi memprihatinkan terutama terkait keberlangsungan ekosistem ikan dan tanaman.

Tak tinggal diam atas kondisi tersebut, Heri yang juga aktif di organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) baru-baru ini melakukan aksi konkret dengan memberikan bantuan bibit ikan dan benih tanaman di wilayahnya.

“Dalam tebar benih ikan dan penanaman pohon ini, saya berharap ke depan pemerintah daerah dapat bersinergi dalam menghidupkan ekonomi masyarakat, dengan menjaga kelangsungan hidup ekosistem dan menjaga kelestarian lingkungan hidup dan berharap dengan panorama yang baik dan asri dapat dijadikan sebagai salah satu daerah tujuan wisata rakyat untuk membangun titik-titik ekonomi rakyat yang riil,” kata Anggota Komisi XI DPR RI itu kepada wartawan di Jakarta, Senin (23/12/2019).

Adapun, lanjut dia, penebaran benih ikan dilakukan seiring dengan tingginya volume penangkapan ikan yang tak sebanding dengan daya pulihnya.

“Kegiatan ini sebagai upaya mengembalikan jumlah populasi ikan di perairaan umum, seperti situ, dan perairan yang berada di lingkungan masyarakat,” ujar Legislator dari dapil Jabar IV itu.

Khusus untuk kegiatan restoking (penebaran benih), ungkap dia, dilakukan di situ waluranmandiri dengan menggandeng Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Kota Sukabumi.

“Diharapkan ke depan stok ikan akan semakin bertambah, dan dapat berbanding lurus dalam membantu pendapatan masyarakat disamping sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian alam guna memperbaiki ekosistem perairan setempat,” kata Heri.

Jika penangkapan ikan yang tinggi tidak sebanding dengan jumlah populasinya, Heri mengingatkan, akan berdampak pada ekosistem itu sendiri.

Selain itu, Heri mengatakan, dengan adanya ikan, diharapkan masyarakat terdorong untuk menjaga kebersihan situ. Tentunya masyarakat tidak ingin bibit ikan yang ada mati karena kondisi air yang kotor.

“Dengan cara ini saya ingin menggelorakan kembali semangat mengkonsumsi ikan serta mengajak masyarakat untuk memperhatikan pola menu keluarga sebagai asupan yang baik dan sehat bagi anggota keluarganya untuk mewujudkan keluarga yang sehat kuat dan cerdas,” ujar mantan wakil ketua komisi VI DPR RI itu.

Untuk diketahui, jelas dia, Konsumsi ikan yang dianjurkan para ahli setiap individu 100 gram/kapita/hari atau 36 Kg/kapita/tahun.

“Ayo makan ikan untuk keluarga kita yang sehat kuat dan cerdas,” ajak Heri.

“Dalam rangka mendorong ekonomi kerakyatan menuju swasembada pangan, saya berharap dapat menggerakkan dan menghidupkan kembali program-program ekonomi kerakyatan, dengan cara diantaranya mengembalikan fungsi situ, embung, waduk dan bendung yang ada di Sukabumi untuk menjadi salah satu tempat sumber mata pencaharian penduduk,” sambungnya.

Diungkapkannya, menurut data teknis dari Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Propinsi Jawa Barat, untuk Kabupaten Sukabumi tercatat ada 136 situ, embung, waduk dan bendungan.

Terakhir, Heri berharap agar masyarakat diwilayahnya memiliki kesadaran dan kepekaan akan kelestarian lingkungan.

“Menjaga lingkungan tetap hijau merupakan kewajiban semua pihak, kegiatan penanaman pohon seperti ini, diharapkan dapat memotivasi pihak-pihak lain dalam melakukan hal serupa guna meningkatkan kualitas kehidupan yang berkelanjutan,” pungkasnya.


Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top