Nasional

PDIP Optimis akan Menjadi Pimpinan DPR RI

JAKARTA, Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto memprediksi partainya akan memperoleh kursi Ketua DPR lantaran memperoleh suara dan kursi terbanyak di parlemen.

Hanya saja ketika ditanya kriteria kandidat pimpinan DPR tersebut, Hasto mengatakan PDIP akan menempatkan kader yang memiliki jam terbang tinggi, baik di partai, legislatif, dan selainnya. Namun, saat ditanya soal nama, Hasto enggan menjawab.

“Soal kandidat tentu tidak elok kalau kita bahas sekarang. Tapi tentu PDIP akan mencalonkan yang terbaik yang punya pengalaman panjang. Tidak hanya di partai tapi juga di legislatif dan pengalaman lainnya,” tegas Hasto di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Menurut Hasto, Ketua DPR merupakan posisi yang sangat strategis, sebab harus bisa menjalin komunikasi politik dengan seluruh fraksi partai politik di parlemen.

Selain itu, Ketua DPR ke depan juga akan menjadi mitra kerja Presiden Joko Widodo (bila menang) dalam rangka menjalankan pemerintahan yang efektif.

“Mengingat posisi Ketua DPR itu sangat strategis dan harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pemahaman terhadap legislasi yang sangat baik dan bisa menjadi mitra sangat baik bagi kepemimpinan Pak Jokowi ke depan,” jelas Hasto lagi.

Sebelumnya dia memprediksi partainya akan memperoleh 133 kursi di DPR. Hal itu disampaikan Hasto berdasarkan data hitung cepat Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP.

“Dari jumlah kursi, PDI-P perkirakan dari data yang kami kumpulkan, bersasarkan quick count, real count, data KPU, itu 133 kurs. Ini adalah kenaikan dari 109 kursi. Itu sekitar 23 persen,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Dengan demikian Pimpinan DPR bersasarkan UU MD3 itu ada PDIP, Golkar, Gerindra, dan PKB, dan Nasdem. “Ini menunjukan bagaimana konfigurasi politik nasional itu diwakili oleh perwakilan suara,” pungkasnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top