Perbankan

Pasok Rp500 Miliar, Trend Gadai Untuk Modal Usaha

SURABAYA-PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah XII Surabaya mengaku menambah ketersediaan dana sebesar Rp 400 miliar hingga Rp 500 miliar selama Ramadan hingga menjelang Lebaran. Alasannya dalam dua sebelum Ramadan sudah ada peningkatan permintaan. “Hal ini banyak dimanfaatkan untuk modal produktif. Saat ini trend gadai dimanfaatkan untuk modal usaha,” kata Pimpinan PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya, Ngadenan di Surabaya, Senin (20/6/2016).

Menjelang Ramadan, kata Ngadenan, banyak usaha kecil bermunculan, seperti usaha kue kering, makanan takjil, dan lainnya sehingga permintaan masyarakat besar. “Baru nanti Minggu keempat, ada penurunan sekitar 5 persen, masyarakat mulai melakukan penebusan. Terutama untuk gadai emas perhiasan,” ungkapnya

Jumlah Rp500 miliar itu disiapkan untuk antisipasi kebutuhan warga masyarakat yang melakukan peningkatan menggadaikan barangnya. Untuk nebus gadai emas perhiasan itu umumnya berada di daerah Madura, tapal kuda, dan pesisir.

Umumnya Ditebus untuk dikenakan. Sementara untuk daerah perkotaan, seperti Surabaya, Malang dan sekitarnya, penebusan tidak begitu banyak dilakukan. Kalaupun ada, dilakukan untuk mengurangi beban tagihan dengan adanya uang atau cairnya Tunjangan hari Raya (THR). “Saat ini tidak terlihat adanya keramaian akibat kebutuhan sekolah atau ajaran baru. Mungkin karena bersamaan, sehingga tidak terlihat,” jelas Ngadenan.

Pimpinan Cabang Pegadaian Dinoyo Tangsi, Agung Budiyanto, menambahkan, keramaian nasabah yang dilayani di kantor cabangnya belum terlihat di minggu pertama dan kedua Ramadan. “Saat seminggu sebelum Ramadan malah ramai. Kami prediksi, Minggu ketiga dan keempat akan ramai lagi. Minggu pertama dan kedua saat ini masih belum,” ungkapnya.

Diakui Agung, nasabah yang dilayani di Pegadaian Dinoyo Tangsi saat ini tidak lagi untuk konsumtif. Tapi lebih kepada produktif. Menjadi modal usaha atau kerja. “Dari komunikasi secara santai dengan nasabah, mayoritas menggadai untuk modal. Sementara untuk minggu terakhir Ramadan, kami prediksi tidak hanya menebus gadai, tapi juga ada yang menggadai untuk biaya mudik,” imbuhnya. ***aec

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top