Market

Paska Pilpres, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi 5,1%

Paska Pilpres, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Diprediksi 5,1%
Ilustrasi/Sumber Foto: Dok Suarainvestor

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COMPertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi mencapai 5,1% pada 2024. Kondisi itu dipengaruhi dari hasil kontestasi pemilihan presiden 14 Februari 2024 lalu yang berlangsung satu putaran. “Dengan Pilpres yang hanya satu putara, kita memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini akan lebih dari 5,1%,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Lebih jauh Perry menjelaskan BI pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada dalam rentang 4,8%-5,6% dengan titik tengah akan sedikit di atas 5,2% pada 2025. Sedikit di atas titik tengah pertumbuhan tahun ini yang 5,1% dengan rentang 4,7%-5,5%.

Perry mengatakan, selain faktor Pilpres 2024 yang hanya satu putaran. Pertumbuhan ekonomi pada tahun ini dan tahun depan juga akan dipengaruhi oleh berlanjutnya kinerja ekspor Indonesia yang masih akan tumbuh kuat serta konsumsi masyarakat yang masih tinggi. “Khususnya masyarakat kelas menengah dan kelas atas. Namun lebih dari itu juga kita akan mendapatkan dari investasi, tidak hanya untuk konstruksi tapi juga non konstruksi,” terangya lagi.

Dikatakan Perry, pihaknya optimis setelah Pilpres atau Pemilu 2024 berakhir pada 14 Februari 2024 lalu, tidak lagi ada alasan bagi investor untuk menahan ekspansi bisnisnya atau masih menerapkan sikap wait and see. Sebab, terbukti proses demokrasi Indonesia menurutnya terus stabil. “Jadi jangan lagi wait and see, anda sudah melihat banyak hal dan kenapa masih harus wait and see. Jika tidak investasi sekarang akan kehilangan kesempatan profit karena ke depan ekonomi akan semakin tinggi,” tegas Perry.

“Ekonomi kita terus tumbuh dan polanya akan terus berlanjut ke atas. Ingat ekonomi Indonesia masih bergerak di bawah potensialnya dan BI memperkirakan kita akan berada pada level topnya pada 2027, jadi masih ada ruang tumbuh,” pungkasnya.***

Penulis : Iwan Damiri
Editor   : Kamsari

 

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top