Investasi

Paska Pandemi, UU Ciptaker Berpotensi Dorong Pertumbuhan Dari Sektor Investasi

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Undang-Undang Omnibus Law Ciptaker (UU Ciptaker) tentu akan membawa perubahan pada aspek ketenagakerjaan pada berbagai sektor. Dengan catatan Indonesia sudah melewati masa pandemi Covid-19. “Harapannya dunia usaha kita makin kompetitif dan berinvestasi di Indonesia makin menarik,” kata pengamat ekonomi dari Universitas Atmajaya, Jakarta, Rosdiana Sijabat dalam siaran persnya, Jakarta, Senin (12/10/2020).

Jika itu dapat dicapai, kata Rosdiana, maka sumber pertumbuhan ekonomi yang utama tidak lagi hanya konsumsi rumah tangga seperti yang terjadi saat ini, tapi juga investasi.

Saat disinggung soal perkiraan lapangan kerja yang mampu dibuka, Alumus Flinders University, Australia mengaku belum dapat memprediksi soal besarnya lapangan kerja yang tercipta. “Tentu bukan hal yang mudah, karena saat ini perekonomian kita sedang tidak berjalan secara normal. Namun adanya UU formal yang mendorong kemudahan berbisnis akan selalu menciptakan lapangan kerja,” tambahnya.

Yang jelas, sambung Rosdiana, efektifitas UU Ciptaker ini dalam menciptakan lapangan kerja baru juga tergantung banyak faktor. “Dalam jangka pendek ini, akan dipengaruhi kemampuan pemerintah mengendalikan pandemi Covid-19.”

Sementara dalam jangka menengah dan panjang, katanya, tergantung pada kemampuan pemerintah pusat dan pemerintah daerah melakukan sinkronisasi dan simplikasi birokrasi, perizinan dan kepastian hukum yang ada sebagai ujung harapan UU Ciptaker tersebut. ***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top