Nasional

Paripurna DPR Puji Suksesnya Pemilu 2019

JAKARTA, Pemilu serentak 17 April 2019 yang berlangsung sukses, damai, dan aman mendapat pujian dalam rapat paripurna DPR RI. Kesuksesan itu juga mendapat pujian dari seluruh dunia, dan bahkan mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo.

“Pesta demokrasi berlangsung damai, partisipasi masyarakat lebih dari 85 persen, maka dunia juga mencatat untuk kesekian kalinya Indonesia suskes melaksanakan pemilu,” demikian Ketua DPR Bambang Soesatyo, di Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Karena itu kata politisi Golkar itu, Indonesia masuk dalam barisan negara-negara yang matang dalam berdemokrasi. Hanya saja dengan banyaknya petugas yang meninggal dunia saat ini, tentu semua prihatin dan menyatakan belasungkawa yang sangat mendalam.

“DPR harus mencari tahu apa penyebab meninggalnya tersebut dan bagaimana solusinya. Apalagi yang meninggal mencapai mencapai 554 orang, baik dari pihak KPU, Bawaslu maupun personel Polri,” kata Bamsoet.

Memang kata Bamsoet, bukan hanya di Pemilu 2019 ini saja yang memakan banyak korban petugas penyelenggara, tapi juga pada Pemilu 2014 yang meninggal mencapai 144 orang dan tanpa santunan.

“Data itu sebenarnya sudah diantisipasi oleh KPU dan DPR bersama pemerintah dalam setiap pembahasan di Komisi II. Itulah sebabnya mengapa beban jumlah pemilih di setiapTPS pada Pemilu 2019 ini dikurangi atau dibatasi maksimum 300 orang,” ungkapnya.

Dari berbagai informasi yang di peroleh menurut Bamsoet, selain faktor umur, riwayat kesehatan, beban kerja serta tekanan psikologis dimana semua pihak ingin menang juga ikut memberi andil salah satu penyebab petugas di lapangan meninggal dunia.

“Sekali lagi, atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPR, saya menyampaikan berbela sungkawa yang sangat mendalam atas meninggalnya para pahlawan demokrasi yang telah menjalankan tugas dengan tulus, mengorbankan jiwa dan nyawanya. Untuk para keluarga yang ditinggalkan, semoga diberikan ketabahan,” ungkapnya.

Dalam kaitan itu, pimpinan DPR mendesak pemerintah untuk segera merealisir pemberian santunan kepada keluarga korban maupun kepada mereka yang menderita sakit.

“Pimpinan DPR juga meminta Kementerian Kesehatan untuk melakukan pengkajian mengenai sebab musabab banyaknya petugas penyelanggara yang meninggal dunia dan mengalami sakit,” ujarnya.

Selain itu Bamsoet meminta pimpinan DPR menyerukan kepada semua elemen bangsa untuk bisa menahan diri, mengedepankan sikap kenegarawanan dalam menyikapi proses penghitungan suara yang sedang berlangsung di KPU.

Sikap yang paling bijak adalah menunggu hasil penghitungan manual atau riil count yang dilakukan oleh KPU secara berjenjang mulai dari TPS, PPK, KPUD Kabupaten/Kota, KPUD Propinsi sampai penghitungan secara nasional di KPU.

“Jika dalam proses penghitungan suara tersebut terdapat pihak-pihak yang merasa keberatan atau dirugikan hendaknya ditempuh prosedur dan jalur yang disediakan oleh Undang-undang dan Konstitusi Negara,” katanya.

Pada saatnya nanti DPR perlu melakukan evaluasi secara menyeluruh atas pelaksanaan pemilu serentak yang baru kita laksanakan. Berbagai pandangan masyarakat yang mengingingkan pemilu mendatang dilaksanakan secara terpisah dan mengkaji kembali sistem pemilu yang lebih sesuai, kiranya perlu mendapat perhatian dari kita semua.

Sebagai wujud tanggung jawab dalam menciptakan keterbukaan dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, DPR telah berinisiatif mengundang anggota parlemen negara-negara sahabat sekaligus organisasi internasional yang menjalin kerja sama dengan DPR untuk menyaksikan secara langsung penyelenggaraan Pemilu di Indonesia.

“Kegiatan ini diikuti oleh delegasi dari Parlemen Turki, Malaysia, Pakistan, dan tiga organisasi internasional, yaitu Organisasi Konferensi Islam (OKI), Westminster Foudation for Democracy (WFD), dan Global Organization of Parliamentarians against Corruption (GOPAC). Mereka semua memberikan apresiasi kepada Indonesia atas penyelenggaraan pemilu yang damai serta berlangsung secara terbuka dan demokratis,” pungkasnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top