Nasional

Paripurna DPR Sahkan Anggota KPU Pengganti Wahyu Setiawan

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, mantan Ketua KPUD Bali disahkan menjadi komisioner KPU periode 2017 – 2022 menggnatikan Wahyu Setiawan yang kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK terkait pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI dari FPDIP Harun Masiku.

“Dengan demikian komisioner KPU yang mengundurkan diri karena kasus hukum sudah diganti. Sehingga jumlah anggota KPU lengkap sebanyak lima (5) orang. Itu penting karena KPU akan menghadapi tahapan-tahapan pilkada serentak September 2020,” demikian Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Keputusan itu sebelumnya dibacakan oleh Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tanjung. Dia berharap komisioner KPU mampu menjalankan tugasnya secara profesional, jujur, dan adil terutama dalam pilkada serentak 2020, yang demokratis dan beintegritas. “Serta membangun kinerja yang konstruktif antara KPU dan DPR bersama pemerintah selaku pembuat UU,” kata Doli Kurnia.

Sidang paripurna kali ini sebagai masa persidangan 2 tahun 2019 – 2020, sebelum DPR memasuki masa reses persidangan mulai 28 Februari 2020.

Selain melantik anggota KPU, DPR juga melantik anggota pengganti antar waktu (PAW) anggota DPR RI sisa masa jabatan 2019 – 2024.

Mereka adalah pengganti Menkumham Yasona H. Laoly, Menteri Sosial Juliary P. Batubara (FPDIP), dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G. Plate (NasDem).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top