Nasional

Pansus akan Konfirmasi Keterangan Saksi ke KPK

JAKARTA, Anggota pansus hak angket KPK, John Kennedy Azis mengatakan pihaknya telah meminta kesaksian mantan anak buah M Nazaruddin, Yulianis, terpidana kasus suap sengketa pilkada Mukhtar Effendi, dan keponakannya Niko Panji Tirtayasa.

Kesaksian itu akan dikonfirmasi ke KPK. “Ya, kami akan crosscheck ke KPK,” tegas politisi Golkar itu pada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (26/7/2017/2017).

John tak menampik bahwa Pansus juga perlu berhati-hati dengan pernyataan yang disampaikan saksi-saksi yang diundang. Niko, misalnya, selain pernah memberikan keterangan palsu dalam persidangan, dalam rapat Pansus dia juga mengakui bahwa pekerjaannya adalah menipu.

“Jadi, pansus sangat berhati-hati dalam konteks itu. Makanya kami transparan, bukan hanya menilai, tapi masyarakat juga kan bisa menilai apakah pernyataan dia benar atau tidak,” ujarnya.

Mengenai keraguan masyarakat karena status ketiganya yang pernah berurusan dengan kasus-kasus di KPK kata John, itu merupakan konsekuensi.

Pernyataan para saksi itu disampaikan di bawah sumpah dan tidak direkayasa. “Dia juga bicara secara transparan tidak di ruang tertutup, tidak mengkondisikan, kami tidak memberikan yang apapun itu adalah kesadaran dia sendiri, yang kecewa pada KPK,” kata John.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top