Investasi

Panja Jiwasraya DPR juga Bidik Muamalat, Bumi Putera, Taspen, dan Asabri

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Setelah Komisi VI dan Komisi III DPR RI membentuk Panja (panitia kerja) Jiwasraya, pada Selasa (21/1/2020) Komisi XI DPR juga membentuk Panja. Hanya saja yang akan telusuri bukan saja industri keuangan Jiwasraya, melainkan juga Bank Mumalat, Bumi Putera, PT. Taspen, dan Asabri.

Kelima BUMN tersebut menjadi prioritas Panja Komisi X DPR dengan target utama uang nasabah harus dikembalikan. “Jadi, meski Jiwasraya sudah ditangani Kejagung RI, namun Panja ini untuk menelusuri aliran keuangan Jiwasraya itu kemana saja,” tegas Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Dito didampingi Wakil Ketua Fathan Subkhi, Eriko Sutardoga, Achmad Hatari, dan anggota Sihar Sitorus.

Menurut Dito, kelima BUMN tersebut sesuai dengan aspirasi masyarakat yang masuk ke Komisi XI DPR RI. Dan, pihaknya sudah mengetahui 5000 transaksi saham tersebut yang diberikan oleh BPK RI. “Hanya saja Komisi XI DPR belum mendapat kopinya, dan kapan uang nasabah itu akan dikembalikan, DPR akan koordinasi dengan Meneg BUMN Erick Thohir,” jelas politisi Golkar itu.

Yang pasti kata Dito, BPK harus mengaudit seluruh keuangan Jiwasraya, Bank Mualamat, Bumi Putera, Tasoen, dan Asabri. Dimana Komisi XI DPR menangani industri keuangan, Komisi VI DPR korporasi BUMN, dan Komisi III DPR menangani kedudukan hukumnya.

“Rabu besok kami akan rapat dengan OJK (Otoeritas Jasa Keuangan) dan seluruh stackholder terkait. Sehingga dengan masing-masing Panja ini dapat kesimpulan yang baik, singkron, dan tidak terjadi tumpang-tindih,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top