Nasional

Panglima TNI dan Kapolri Kembali ke Papua

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan mengunjungi Papua pada Rabu (25/9/2019).

“Rabu Kapolri bersama Panglima TNI ke Papua lagi bersama Kabid Humas,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo ketika dihubungi, Selasa (24/9/2019).

Namun, pihaknya belum memiliki informasi lebih lanjut mengenai lamanya Tito dan Hadi berkunjung ke Papua tersebut.

Sebelumnya, sempat terjadi kerusuhan di Kota Wamena, Papua, dan di Expo Waena, Kota Jayapura, Papua, Senin (23/9/2019). Hingga Selasa (24/9/2019) malam, jumlah korban kerusuhan di Wamena telah mencapai 28 orang yang ditemukan dalam keadaan tewas.

Para korban kerusuhan di Wamena yang tewas rata-rata mengalami luka bacok, luka bakar, tusukan dan luka akibat terkena benda tumpul.

Namun, belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kerusuhan Wamena. Tapi, kepolisian telah mengamankan beberapa orang yang diduga terlibat dalam kejadian tersebut. “6 sudah diamankan dan sedang menjalani pemeriksaan,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, di Jayapura, Selasa.

Sementara itu, polisi telah menetapkan 7 tersangka terkait kerusuhan di Jayapura. Dari jumlah tersebut, 5 orang yang merupakan mahasiswa eksodus disangkakan kasus penganiayaan kepada rekan TNI dan anggota Brimob yang sedang melakukan pengamanan.

Kemudian, 2 tersangka lainnya, AA dan AD, merupakan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Keduanya dijerat dengan pasal makar. Akibat kerusuhan di Jayapura, 1 anggota TNI gugur akibat luka bacok dan serangan benda tumpul.

Tercatat pula 6 anggota Brimob luka parah. Selain itu, 3 mahasiswa Papua yang sedang pulang kampung sebagai peserta aksi, meninggal. Dugaan sementara polisi, ketiganya meninggal akibat peluru karet.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top