Market

Paket Stimulus AS Tidak Pasti, Harga Emas Anjlok

Emas/Kompas.com

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Harga emas spot kembali merosot pada perdagangan hari ini setelah kenaikan tajam di sesi sebelumnya. Harga emas tergelincir karena ketidakpastian atas paket stimulus AS sementara kemajuan dalam pengembangan vaksin Covid-19 kian membebani daya tarik safe haven.

Mengutip Kompas.com, Rabu (2/12/2020) pukul 10.30 WIB, harga emas spot turun 0,3 persen ke level 1.810,36 dollar AS per ons troi. Pada penutupan sesi sebelumnya, harga emas spot melonjak lebih dari 2 persen dan jadi penguatan terbesarnya hampir sebulan.

Setali tiga uang, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Februari 2021 turun 0,4 persen menjadi 1.812,60 dollar AS per ons troi. Harga emas kembali koreksi setelah anggota senat dari Partai Republik Mitch McConnell mengatakan, Kongres AS harus menyertakan gelombang baru stimulus virus corona dalam 1,4 triliun dollar AS pengeluaran tagihan, sebagai pembicaraan stimulus antara Menteri Keuangan Steve Mnuchin dan Ketua DPR Nancy Pelosi yang diadakan pada hari Selasa.

Sekelompok senator bipartisan dan anggota DPR juga mengusulkan tindakan bantuan virus corona senilai 908 miliar dollar AS. “Ada sedikit ketidakpastian atas kesepakatan stimulus untuk melewati itu. Dan ini tidak terlalu mendukung harga emas,” kata Stephen Innes, Chief Global Market Strategist Axi.

Sedangkan pembicaraan adalah langkah ke arah yang benar di depan pengeluaran fiskal dan menandakan kemungkinan kerjasama lebih lanjut ke depan, upaya stimulus jauh di bawah harapan pasar, Innes menambahkan. Menimbang lebih jauh, harga emas juga masih mendapat tekanan dari rencana AS yang mulai memvaksinasi jutaan orang AS untuk virus corona setidaknya di pertengahan Desember mendatang. ***

Sumber: Kompas.com

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top