Nasional

OSO Belum Tahu akan Maju Ketua DPD RI

JAKARTA – Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) membantah kabar bahwa dirinya akan mencalonkan diri dalam pemilihan ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Berdasarkan Tatib DPD RI tentang pemilihan pimpinan DPD RI selama 2,5 tahun, akan dilakukan pada akhir Maret 2017 ini.

Demikian disampaikan Oesman untuk menanggapi pernyataan dari beberapa anggota DPD yang menyatakan Oesman merupakan salah satu calon kuat ketua DPD. “Wah, saya belum sampai ke situ, itu nantilah, Saya belum diminta untuk itu, sekarang kita fokus mendukung pemerintah menyukseskan realisasi investasi Arab Saudi di Indonesia,” tegas Wakil Ketua MPR RI itu pada wartawan di Gedung MPR RI Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Namun kata Oso, wajar dukungan yang muncul dari beberapa anggota DPD yang telah bergabung ke Hanura. Hanya saja dia belum berpikir untuk maju sebagai ketua DPD. Tapi, dukungan anggota DPD RI itu sah-sah saja sebagai aspirasi politik. “Kalau soal dukungan ya sah-sah saja. Biarkan mereka mendukung,” kata Oesman.

Hal ini menyusul berlakunya aturan baru masa jabatan pimpinan DPD di tata tertib DPD. Aturan menyebutkan, masa jabatan pimpinan 2 tahun 6 bulan terhitung sejak periode Oktober 2014 hingga Maret 2017 dan periode April 2017 hingga September 2019.

Anggota DPD dari Riau, Djasarmen Purba, membenarkan bahwa Oso muncul sebagai calon kuat pimpinan DPD, bahkan ketua DPD. “Anggota DPD yang menjadi bagian dari tim suksesnya sudah intens mendekati anggota DPD lain untuk menyosialisasikan Oesman. Mereka juga menyebut Oesman menginginkan posisi ketua, tidak hanya pimpinan DPD,” ungkapnya.

Menurut Djasarmen sendiri mengakui yang menjadi tim sukses Oso adalah anggota DPD yang baru-baru ini bergabung dengan Hanura. Sebelumnya, ada 70 anggota DPD masuk Hanura, 27 orang di antaranya masuk jajaran pengurus. Saat ini, DPD memiliki total 132 anggota.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top