Headline

Oktober 2020, BPS: Inflasi Capai 0,07 Persen

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan terjadi inflasi 0,07 persen pada Oktober 2020. Hal ini seiring dengan kenaikan harga berbagai komoditas pangan di daerah. “Perkembangan harga berbagai komoditas pada Oktober secara umum menunjukkan adanya kenaikan,” kata Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers di Jakarta, Senin, (2/11/2020).

Menurut Suhariyanto, kenaikan harga pangan yang mempengaruhi inflasi dalam periode ini antara lain cabai merah, bawang merah, dan minyak goreng. Dengan terjadinya inflasi, maka inflasi tahun kalender Januari-Oktober 2020 mencapai 0,95 persen dan inflasi tahun ke tahun (yoy) sebesar 1,44 persen. Dari 90 kota IHK, sebanyak 66 kota menyumbang inflasi dan hanya sebanyak 24 kota yang mengalami deflasi pada Oktober 2020.

Dengan terjadinya inflasi, maka terlihat mulai terjadi tren kenaikan harga, setelah selama tiga bulan berturut-turut terjadi deflasi, yaitu Juli sebesar 0,10 persen dan Agustus serta September masing-masing 0,05 persen.

Lebih jauh Suhariyanto menjelaskan penyebab inflasi di antaranya adalah karena dari 11 kelompok pengeluaran, 6 kelompok alami inflasi sementara 5 lainnya deflasi. “Inflasi tertinggi untuk makanan, minuman termbakau, disusul penyediaan makanan dan restoran, dan posisi ketiga oleh kesehatan. Sementara deflasi terjadi pada perumahan, transporatasi, IT, dan perawatan pribadi dan jasa lainnya,” ujarnya.

“Secara detil, pertama kelompok makanan dan minuman, tembakau inflasi 0,29% andilnya 0,07%. Komoditas yang dominan berandil pertama cabai merah andilnya 0,09%, bawang merah andilnya 0,02%, dan satu lagi minyak goreng sebesar 0,09%,” tuturnya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top