Perbankan

OJK : Syarat Bangun Startup Financial technologi Modalnya Rp2 Miliar

JAKARTA-Industri jasa keuangan berbasis online (financial technology) sedang tumbuh bak jamur dimusim hujan. Bahkan pertumbuhan fintech sangat cepat. Berdasarkan catatan OJK, sudah ada 71 fintech, namun baru 27 di antaranya yang melaporkan ke OJK. “Startup fintech minimal (modalnya) Rp2 miliar. Nanti keluar POJK persetujuan dari DK (Dewan Komisioner) OJK. POJK keluar akhir tahun,” kata Deputi Komisioner Pengawas IKNB II OJK Dumoly F. Pardede di Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Menurut Dumoly, OJK saat ini sedang mendata jumlah fintech yang beroperasi. Makanya sambil menunggu diterbitkannya POJK tahun 2016. “Yang kami dapat kemarin itu totalnya 27 yang memberitahu. Karena kami belum bisa melakukan itu terus kami catat anda telah melapor. Tapi yang jelas kita dengar ada 71 tapi belum bisa saya pilah-pilah,” tambahnya.

Diakui Dumoly, OJK sedang melakukan kajian mendalam perusahaan pembiayaan yang berbasis aplikasi yang bermunculan. Aturan permodalan startup fintech minimum akan diperkuat dengan penerbitan Peraturan OJK (POJK) di akhir 2016. “Startup fintech minimal (modalnya) Rp 2 miliar. Nanti keluar POJK persetujuan dari DK (Dewan Komisioner) OJK,” tuturnya.

Selain itu OJK juga sedang menyusun persyaratan modal minimum bagi startup fintech asuransi. Untuk membentuk fintech asuransi diperlukan modal yang kuat untuk mengantisipasi klaim nasabah yang besar di kemudian hari. . “Sulit kita buat asuransi jadi startup sangat sulit. Karena deposit taking mereka melalui premi. Jadi kalau failed membayar kewajibannya sebagai asuransi kepada klaimer itu berbahaya, sehingga dia memang harus benar-benar nett,” tambahnya

Namun, bagi asuransi yang hanya memiliki sebagian kecil produk saja modal minimum pembentukan fintech dapat dipertimbangkan. Misalnya asuransi yang fokus dalam pembiayaan mikro.”Kecuali dibatasi produknya itu mikro. Kecuali dia hanya menjual satu produk, tapi belum tentu sebesar Rp 100 miliar,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top