Perbankan

OCBC NISP: Multibilling Mudahkan Korporasi Bayar Pajak

OCBC NISP: Multibilling Mudahkan Korporasi Bayar Pajak

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Bank OCBC NISP mengatakan fitur Multibilling dalam aplikasi Velocity@ocbcnisp yang diluncurkan pada Januari 2023 mempermudah nasabah korporasi membayar pajak dan bea cukai secara efisien dan terintegrasi.

Multibilling adalah mekanisme baru untuk pembayaran pajak impor, ekspor, maupun cukai dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, khususnya untuk pengguna jasa yang memiliki banyak kode tagihan (billing). “Komitmen kami yaitu terus berinovasi dan memberikan solusi perbankan yang berdampak positif bagi pertumbuhan sektor logistik di Indonesia, serta berkontribusi pada percepatan pertumbuhan ekosistem logistik nasional,” kata Cash Management Division Head Bank OCBC NISP Amran Setiawan di Jakarta, Kamis, (6/7/2023).

Adapun Bank OCBC NISP telah menjadi bank swasta pertama yang meluncurkan fitur ini sebagai solusi dari Bea Cukai untuk pengguna jasa dalam melaksanakan kewajiban pembayaran penerimaan negara.

Dengan begitu, fitur Multibilling merupakan wujud komitmen dan kontribusi Bank dalam mendukung kemudahan dan transparansi perpajakan bagi pelaku ekspor dan impor barang maupun para pelaku industri logistik menjelang implementasi National Logistic Ecosystem (NLE).

Lebih lanjut Amran  menambahkan fitur ini mengurangi repetisi proses dalam pembayaran pajak, dimana nasabah tidak perlu lagi membayarkan kode tagihan satu-persatu. Dengan demikian hanya dengan menggunakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nasabah bisa membayar pajak ekspor, impor, atau cukai yang berbeda-beda dengan sekali transaksi di aplikasi Velocity.

Pembayaran tagihan pun dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan Velocity, didukung dengan layanan Application Programming Interface (API) dan Host to Host (H2H).

Selain membantu nasabah korporasi dalam hal mempercepat melaksanakan kewajiban pembayaran penerimaan negara di lingkungan Ditjen Bea Cukai, Amran mengungkapkan fitur Multibilling bisa membantu korporasi mengatur alur pengeluaran usaha dengan lebih mudah dalam satu aplikasi.

Dalam menjalankan layanan ini, Bank OCBC NISP bekerja sama dengan institusi kompeten yang terkait dengan industri logistik dan pajak sebagai bentuk layanan beyond banking yang diberikan kepada nasabah. “Kami bekerja sama dengan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (Indonesian Logistics and Forwarders Association) serta Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI),” tuturnya.***

Penulis    :   Iwan Damiri

Editor      :   Kamsari

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top