Nasional

NU Menuju Satu Abad, Gus Nabil: Perkuat Harmoni Islam dan Keindonesiaan

JAKARTA ,SUARAINVESTOR.COM – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Muchamad Nabil Haroen (Gus Nabil) mengatakan
jika Nahdlatul Ulama (NU) Pada 31Januari tahun 2021 ini berusia 95 tahun. Usia yang merupakan tonggak sejarah penting, karena lima tahun lagi NU akan berusia satu abad.

“Sebuah pencapaian yang luar bisa, mengingat NU mengalami berbagai dinamika dalam setiap zamannya,” demikian Gus Nabil terkait 95 tahun NU di Jakarta, Sabtu (30/1).

Menurut Ketua Umum Pagar Nusa NU itu, NU jelas terbukti setia mengawal NKRI, menguatkan keindonesiaan-kebangsaan. Dan, pengabdian NU bukan pada kekuasaan-pemerintahan, tapi dukungan yang kuat kepada negara serta mengabdi untuk bangsa.

“Ini karena NU ikut memperjuangkan kemerdekaan. Dan, saat ini, di tengah pandemi, NU bergerak aktif untuk mencari solusi dalam penanganan pandemi dan bencana, seraya terus menginisiasi kolaborasi serta memperkuat solidaritas global,” ujarnya.

Gus Nabil menilai kini dan ke depan sangat penting untuk memperkuat Islam dan nasionalisme. Ketika demokrasi ala Amerika Serikat mendapat kritikan keras serta ujian di internal bangsanya sendiri, tapi Indonesia tetap menjaga tradisi politik demokratis yang bersanding dengan nilai-nilai agama. “Meski, di dalam negeri juga menghadapi tantangan ekstremisme, terorisme dan ancaman radikalisme dari kelompok-kelompok yang selama ini ingin mengganti dasar ideologi negara. Tapi, NU konsisten mengawal NKRI,” jelas Gus Nabil.

Konsistensi itu kata dia, karena Pancasila menjadi dasar penting, sebagai jiwa bangsa. Sehingga memperkuat harmoni Islam dan nasionalisme itu menjadi keharusan. Dimana warna Indonesia terhampar dalam bendera merah putih, yang melambangkan nasionalis religius.

Karena itu menurut Gus Nabil, NU akan terus bermitra dengan kelompok-kelompok yang setia kepada NKRI. NU juga akan terus mengingatkan negara untuk membersihkan birokrasinya dari kelompok radikalis dan ekstrimis. Selain itu, NU juga mendorong kadernya mewarnai partai-partai yang sejalan dengan garis perjuangan NU, untuk mengawal perjuangan politik.

“Dalam Harlah NU Ke-95 ini, PDI Perjuangan memperingatinya dengan sangat meriah. Terima kasih PDI Perjuangan yang memberi dukungan untuk terus menguatkan relasi Islam-nasionalisme. Mari kita terus kawal NKRI, dan menjaga Indonesia,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top