Industri & Perdagangan

NU Circle-BTN-IAEI Teken MoU Pelatihan Santri Developer

NU Circle-BTN-IAEI Teken MoU Pelatihan Santri Developer

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM- Di tengah pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PSBB, Masyarakat Profesional Nahdliyin (NU Circle) tetap berkontribusi melakukan penguatan warga nahdliyin.

Buktinya, NU Circle bekerja sama dengan Bank Tabungan Negara dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) meluncurkan Program BTN Santri Developer di Gedung BTN Jakarta, hari ini (11/5/2020).

Penandatanganan MoU BTN Santri Developer dilakukan Ketum R. Gatot Prio Utomo, Dirut BTN Pahala Nugraha Mansury dan Sekjen IAEI Astera Primanto Bhakti. Hadir dalam acara ini Wakil Ketua MPR Arsul Sani dan cucu pendiri NU Lily Wahid.

Ketua Umum NU Lingkaran R. Gatot Prio Utomo menyatakan program BTN Santri Pengembang merupakan persetujuan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat Indonesia, khususnya santri, di bidang properti melalui pelatihan. Selama pandemi Covid-19, pelatihan akan diselenggarakan secara online 11-16 Mei 2020. Pelatihan selanjutnya akan diselenggarakan secara offline.

“Program ini merupakan bagian dari jihad ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan warga nahdliyin di bidang kewirausahaan. Dengan kemampuan di bidang properti, para santri, alumni pesantren dan masyarakat akan didukung oleh pengembang dan menjadi mitra BTN dalam mendukung program pemerintah untuk membangun 1 juta rumah, ”kata Gatot.

Menurutnya, program ini menjadi model kerjasama antara negara / pemerintah, kelompok profesional, asosiasi dan kelompok masyarakat (santri) yang menjadi cara baru membangun “rumah keindonesiaan” bersama-sama dan saling sinergi.

“Kerja sama ini merupakan ungkapan ukhuwah wathoniyah, islamiyah sekaligus insaniyah. Ini gerakan luar biasa yang akan membangun optimisme umat ke depan, ”ujar Gatot.

Hari ini, Ketua Umum IAEI Sri Mulyani Indrawati yang juga Menteri Keuangan RI, memberikan materi perkuliahan. Dalam paparannya, Sri Mulyani mengatakan properti industri memberikan efek ekonomi luar biasa pada masyarakat. Rumusnya 1.924 yang berarti setiap Rp1.000 uang yang bergerak di bidang konstruksi dan properti akan menggerakkan ekonomi sebesar Rp1.924 atau lebih dua kali lipatnya.

Sementara Dirut BTN Pahala Nugraha Mansury menentukan program ini sangat baik untuk mendorong ekonomi di tengah pandemi. Nanti santri dan masyarakat luas akan dibantu oleh BTN menjadi pengembang-pengembang baru di bidang properti. Sinergi BTN dengan para pengembang baru diharapkan dapat mengisi dan memberi kontribusi pada program 1 juta rumah yang diamanahkan pemerintah.

Pelatihan BTN Santri Pengembang yang dilakukan pada tanggal 11 Mei hingga 16 Mei 2020 ini mengambil sekitar 1,610 orang pendaftar dan tidak dipungut biaya (gratis). (**)

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top