Nasional

Nono: Sistem Presidensial Memang Perkuat Presiden RI

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Wakil Ketua DPD RI Noni Sampono mengakui jika sistem bernegara semakin ke depan semakin baik. Termausk relasi negara antara kepresidenan dengan lembaga negara lainnya, antara DPD RI dengan DPR RI dan lain-lain.

“Semua ini berproses. Check and balances antara DPR dan DPD RI juga makin baik dibadning sebelum-sebelumnya,” tegas senator dari Maluku itu di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (24/6/2019).

DPD RI kini berwenang mengawasi dana desa, peraturan daerah (Perda), perimbangan keuangan pusat dan daerah, dan lain-lain sejalan dengan otonomi daerah. “Dulu sentralistis kini desentralisasi, dulu otokrasi kini lebih demokeatis, dan dulu ekokomi berorientasi pusat kini ke daerah,” ungkapnya.

Anggota MPR RI FPAN Saleh Partaunan Daulay, mengaku DPR RI dan MPR RI memang lemah sekarang ini. “MPR RI tak lagi bisa membuat TAP-TAP MPR dan GBHN. Sehingga kerja-kerja DPR dalam menyusun UU akhirnya juga bisa dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK),” ujarnya.

Selain itu kata Saleh Daulay, DPR RI tak berkuasa menghadapi pemerintah saat penyusunan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Sehingga saat anggaran DPR RI dkurangi hingga Rp 4,4 triliun, tak bisa menolak. “Jadi, harus amandemen UUD NRI 1945 untuk tata ulang check and balance lembaga negara ini,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top