Nasional

Ngadu Ke DPR, Aliando Minta Permenhub 108/2017 Dicabut

JAKARTA-Ratusan pengemudi online dari berbagai aplikasi, baik Grab Car, Uber dan Go Car mengadukan nasibnya ke DPR. Alasannya Permenhub 108/2018 memberatkan para driver online. “Kami menuntut agar Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 108/1017 segera dicabut,” kata juru bicara Aliansi Nasional Driver Online (Aliando) Panca Adi Nugraha kepada wartawan usai Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Driver Online di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (22/3/2018).
Selain Panca, hadir pula Fahmi Maharaja dan Andrian Mulya

Selain menuntut pencabutan Permenhub 108/2017, Aliando juga
mendesak agar perusahaan aplikasi bertanggungjawab terhadap masa depan driver online. Oleh karena itu pengemudi online menyampaikan lima tuntutan kepada DPR. “Namun tidak semua tuntutan tersebut bisa dipenuhi oleh Fraksi PDIP. Hanya empat tuntutan yang akan dibawa F-PDIP,” tambahnya.

Selain itu, kata Panca, Pengemudi online mengeluhkan banyaknya iuran dari berbagai koperasi. Pungutan iuran tersebut jumlahnya bisa mencapai ratusan.

Atas tuntutan pengemudi online itu, anggota Komisi V DPR F-PDIP Alex Indra Lukman mengatakan akan meneruskan tuntutan tersebut untuk dijadikan rekomendasi oleh F-PFIP. “Kita akan sampaikan ke pemerintah, terutama terkait Permenhub 108/2017. Selain tarif dan kuota juga mengatur mengenai argometer taksi, wilayah operasi dan persyaratan minimal lima kendaraan. BPKB, Domisili Tanda Nomor Kendaran Bermotor, sertifikat uji dan peran operator,” imbuhnya.

Adapun tuntutan Alindo itu, antara lain, Pertama, Menolak Permenhub 108/2017, karena tidak melindungi hak-hak dan kemandirian individu pengemudi online. Kedua-Meminta perusahaan aplikasi bertanggungjawab terhadap masa depan pengemudi online dengan mengurus izin operator transportasi, Ketiga-Menuntut negara untuk hadir, melindungi hak-hak pengemudi online. Empat-Menuntut negara untuk tidak melindungi kepentingan pemilik modal, tengkulak dan rente.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top