Nasional

MPR Tetapkan 10 Pimpinan MPR RI

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Rapat Gabungan fraksi-fraksi Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) RI bersama Kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019), dipimpin oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Rapat gabungan MPR menyepakati jumlah pimpinan MPR dan jadwal sidang akhir masa jabatan pada 27 September 2019. “Tentu jadwal rapat paripurna terakhir masa jabatan yang akan dilaksanakan tanggal 27 itu, (pertama) pengesahan tatib, yang kedua pengesahan rekomendasi. Kemudian tentu penyampaian kinerja MPR,” kata Zulkifli.

Berdasarkan UU MD3 yang baru, pimpinan MPR menjadi 10 orang, yaitu satu ketua dan sembilan wakil ketua. “Tatib yang akan disampaikan di paripurna nanti untuk disahkan itu mengenai pimpinan. Turunan dari UU MD3 yaitu 10. Jadi 1 ketua dan 9 wakil ketua itu sudah disepakati semua,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam rapat paripurna nanti akan diagendakan rencana amandemen terbatas UUD 1945 untuk dilanjutkan pembahasannya oleh anggota MPR periode berikutnya. “Diputuskan dalam rapat gabungan tadi salah satunya perlunya menghadirkan pokok-pokok haluan negara. Yang diminta untuk dilanjutkan dibahas MPR yang akan datang. Pokok-pokok haluan negara. Itu melalui amandemen terbatas UUD negara 1945,” kata Zulkifli.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top