Nasional

MPR RI: Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Tak Boleh Terputus

JAKARTA, Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta mengingatkan agar sosialisasi 4 Pilar MPR RI tidak terputus. Khususnya bagi kalangan siswa-siswi sekolah dasar, menengah dan mahasiswa ini sangat penting untuk mengingatkan kembali pada nilai-nilai luhur Pancasila.

“Karena itu kita harus terus-menerus melakukan sosialisasi 4 Pilar MPR agar terus-menerus pula kita mengingatkan tentang nilai-nilai luhur Pancasila,” demikian keterangan Oesman Sapta ketika memberi pengantar dan membuka Sosialisasi 4 Pilar MPR kepada 500-an siswa SMK St Ignatius Loyola, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Senin (24/7/2017).

Menurut Ketua DPD RI itu, para siswa tidak mengetahui apa dan bagaimana perjuangan para pendiri bangsa pada tahun 1945. “Makanya, generasi muda sekarang tidak tahu karena mereka tidak terlibat dalam perjuangan 1945. Tapi, mereka harus mengetahui sejarah. Dan sejarah itu ada dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI,” ujarnya.

Karena itu kata Oesman Sapta, MPR telah membentuk Badan Sosialisasi untuk melakukan Sosialisasi 4 Pilar MPR. “Kita telah membentuk tim untuk melaksanakan Sosialiasasi 4 Pilar MPR seperti hari di Labuan Bajo ini. Kita harus terus-menerus melakukan sosialisasi dan tidak boleh terputus,” tambahnya.

Memang menurut Oesman kini banyak orang yang telah mengetahui Sosialisasi 4 Pilar MPR yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Namun, masih banyak yang lupa. “Jadi, sosialisasi ini untuk mengingatkan kembali pada nilai-nilai 4 Pilar itu,” ungkapnya.

Dia memberi contoh tentang kemajemukan Indonesia dalam suku, agama, ras, adat-istiadat, golongan, dan budaya. Tapi, NKRI tidak lagi mebeda-bedakan suku, agama, asal usul dan adat-istiadat tersebut. “Semua itu sudah selesai. Jadi, mari kita bersatu untuk NKRI,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top