Nasional

MPR RI Konsisten Dukung Kemerdekaan Palestina

JAKARTA, Ketua MPR Zulkifi Hasan menerima kunjungan kehormatan utusan khusus Ketua Parlemen Iran, yang juga anggota parlemen Iran Nourian dan Rezaei. MPR RI mendukung ajakan parlemen Iran agar Indonesia mendukung Palestina.

“Dukungan terhadap Palestina itu sudah dan akan terus kami lakukan. Kami berharap Iran juga melakukan perannya dalam soal Palestina dan itu akan kami dukung. Indonesia merupakan negara yang mayoritas beragama Islam. Toleransi antar umat beragama sudah diimplementasikan sejak dulu. Selain agama Islam, di Indonesia juga banyak penganut Kristen, Budha, Hindu dan Konghuchu,” tegas Ketua Umum PAN itu di Gedung MPR RI Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Dalam pertemuan itu hadir juga Duta Besar Iran untuk Indonesia Valiollah Mohammadi. Dalam kerjasama antar negara Asia, Indonesia juga menunjukkan sikap toleransi yang tinggi terhadap negara lain, seperti Filipina, Jepang, Malaysia, Brunei, Singapura dan lainnya.

“Kami di Asia bisa (bersatu). Kami harapkan di Timur Tengah juga bisa seperti itu. Bisa bersatu tanpa melihat perbedaan saling bekerja sama untuk mencari titik temu persoalan dan segera menemukan solusinya agar semua damai dan tenteram,” ungkapnya.

Sementara itu, utusan khusus Ketua Parlemen Iran yang juga anggota parlemen Iran Nourian mengatakan, hubungan baik Indonesia dan Iran sudah terjalin lama antara pemerintah dan antara parlemen kedua negara. Saling mengunjungi antar pemerintah dan parlemen dapat mempererat hubungan kedua negara.

“Kami berharap berbagai kunjungan antar pemerintah dan antar parlemen dua negara Indonesia dan Iran makin meningkatkan hubungan di segala bidang terutama perekonomian, perdagangan dan investasi. Indonesia dengan penduduk muslim yang terbesar di dunia merupakan salah satu negara yang sangat berpengaruh di Asia juga di tataran global,” tambahnya.

Sedangkan Iran juga merupakan salah satu negara yang berpengaruh di kawasan Timur Tengah. Perpaduan dua kekuatan tersebut, menurutnya, akan membuat perbedaan atau perubahan yang sangat signifikan dalam penyelesaian berbagai masalah dunia khususnya dunia Islam, terutama masalah Palestina.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top