Nasional

Pimpinan MPR RI: Cegah Lonjakan Covid-19, Perlu Dukungan Masyarakat

Pimpinan MPR RI: Cegah Lonjakan Covid-19, Perlu Dukungan Masyarakat
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdi: Cegah Lonjakan Covid-19, Perlu Dukungan Masyarakat

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM – Gerakan bersama pencegahan Covid-19 harus benar-benar dijalankan dengan penerapan kebijakan yang solid dan didukung penuh masyarakat dalam menghadapi lonjakan kasus positif covid-19 dewasa ini.

“Menghadapi lonjakan kasus Covid-19 semua pihak harus benar-benar bergerak bersama untuk melakukan upaya pencegahan, jangan sampai ada pihak yang abai atau malah menerapkan kebijakan yang berlawanan dengan upaya pencegahan,” tegas Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangannya, Senin (31/1/2022).

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pada Minggu (30/1) mencatat tambahan 12.422 kasus positif Covid-19. Padahal, pada Rabu (26/1) pertambahan kasus harian baru mencapai 7.010 kasus.

Menurut Lestari, di tengah tren pertambahan kasus positif Covid-19 yang cepat saat ini kebijakan yang diterapkan juga harus memperkuat upaya pencegahan.

“Jangan di satu sisi para pekerja disarankan untuk WFH (bekerja dari rumah), tapi di sisi lain para pelajar tetap menjalankan PTM 100% (pembelajaran tatap muka),” katanya kecewa.

Rerie – sapaan akrabnya berharap, para pemangku kepentingan di pusat dan daerah benar-benar melakukan kolaborasi dengan baik dalam penerapan setiap kebijakan agar penyebaran virus korona di tanah air tetap terkendali.

Dukungan masyarakat dalam disiplin melaksanakan protokol kesehatan, tegas Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, sangat dibutuhkan untuk menghadapi situasi penyebaran Covid-19 yang meningkat dalam sepekan terakhir ini.

Bahkan, lanjut Rerie, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyarankan agar kasus baru Covid-19 di Indonesia tidak terus bertambah, dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes), diharapkan memakai masker N95.

Selain itu, masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi dua dosis lengkap agar segera diberikan vaksin. Kemudian bagi kelompok sasaran yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 tiga dosis (booster) supaya segera disuntik. “Tujuannya untuk melindungi diri dan melindungi keluarga,” tambah Rerie.

Keluarga, menurut Rerie, merupakan harapan terakhir untuk membangun disiplin protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan, agar masyarakat mampu mencegah penyebaran virus korona lewat perubahan perilaku sesuai norma baru yang berlaku saat ini.

Penulis: Arpaso

Editor: Budiono

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top