Infrastruktur

Model Pembangunan Waskita Dorong Kemajuan UMKM

Model Pembangunan Waskita Dorong Kemajuan UMKM
Aktivitas sektor UMKM/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kalangan DPR RI mengapresiasi capaian kinerja PT.Waskita Karya dalam memberikan kontribusi bagi perekonomian, infrastruktur dan mendorong kemajuan UMKM di Indonesia. Apalagi, kiprah Waskita Karya dalam mendukung program-program pembangunan pemerintah sejalan dengan harapan masyarakat pada umumnya. “PT Waskita Karya memiliki prospek yang bagus untuk menunjang pembangunan dan keselarasan dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat terkait infrastruktur dan konstruksi,” kata Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto kepada suarainvestor.com di Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Selain itu, Bendahara Megawati Institute menambahkan, PT Waskita Karya memiliki sejumlah prospek yang baik dalam memberikan kontribusi untuk negeri.  “Salah satunya pada Desember 2021 sampai dengan Januari 2022, Waskita Karya menyelesaikan aksi korporasi dengan menerbitkan saham baru (Rights Issue) total nilai Rp 9,44 Triliun. Sementara pada Desember 2022, Waskita akan menyelenggarakan Rights Issue dengan target dana sebesar Rp3,98 triliun,” terangnya.

Menurutnya, Waskita Karya sebagai agen pembangunan di bidang infrastruktur terus memberikan kontribusi positif untuk seluruh masyarakat dan stakeholders dalam membangun Indonesia. “Hal ini diwujudkan melalui pembangunan di berbagai sektor antara lain jalan tol, bendungan, kelistrikan, bangunan gedung, bandar udara, dan jalur perkeretaapian,” kata Politikus PDIP itu.

Selain pembangunan infrastruktur, Darmadi mengatakan, PT.Waskita Karya juga telah berhasil mencanangkan digitalisasi pada proses bisnis yang terbagi dalam empat tahap yakni bidding/marketing, engineering, procurement, dan construction. Transformasi digital Waskita Karya tersebut sudah dimulai pada tahun 2016.  “Transformasi itu perlu dilakukan karena Perseroan saat itu mengalami pertumbuhan besar-besaran. Pertumbuhan itu terjadi setelah Waskita Karya memperoleh tugas dari pemerintah untuk menuntaskan pembangunan jalan tol, khususnya tol Trans Jawa,” jelas dia.

Selain implementasi digitalisasi teknologi, Waskita Karya kini sedang berupaya untuk meraih gelar National Lighthouse. Sebagai informasi, National Lighthouse Industri 4.0 menjadi contoh dalam transformasi digital dan penerapan teknologi 4.0. Perusahaan-perusahaan ini dianggap layak menjadi role model bagi pelaku industri di sektornya serta dapat menjadi mitra dialog pemerintah dalam implementasi Industri 4.0 di Indonesia. ***

Penulis     :    A Rohman

Editor      :     Chandra 

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top