Nasional

MKD akan Proses Laporan MAKI Soal Angket KPK

JAKARTA – Setiap perkara masuk pasti diproses dengan tahapan. Tahapan verifikasi yang dilalui sama seperti tahapan verifikasi terhadap laporan yang lain, yakni verifikasi awal atau verifikasi pelapor.

Demikian disampaikan Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad pada wartawan di Jakarta, Kamis (4/5/2017). MKD akan memproses laporan dugaan pelanggaran kode etik anggota DPR termasuk pimpinan DPR RI.

Sebelumnya Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman pada Rabu (3/5/2017) lalu melaporkan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dan tiga pimpinan DPR lainnya yaitu Setya Novanto, Taufik Kurniawan, dan Agus Hermanto ke MKD atas dugaan pelanggaran kode etik.

Laporan tersebut berkaitan dengan persetujuan hak angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rapat Paripurna DPR, Jumat (28/4/2017) lalu. “Jadi, setiap perkara masuk pasti diproses dengan tahapan,” kata Wakil Ketua Umum Gerindra itu.

Menurut Dasco, tahapan verifikasi yang dilalui sama seperti tahapan verifikasi terhadap laporan lainnya, yakni verifikasi awal atau verifikasi pelapor. Setelah verifikasi pelapor dilakukan, MKD melakukan verifikasi materi. “Setelah pemeriksaan materi kalau masuk dalam verifikasi pengaduan akan ditindak lanjuti tetapi kalau materinya tidak lolos verifikasi maka pengaduan akan di-drop,” ujarnya.

Boyamin mengatakan, ada beberapa kejanggalan yang terjadi saat pengambilan keputusan hak angket KPK tersebut. “Pada posisi syarat formil atau persyaratan mekanisme dalam pengambilan persetujuan anggota DPR tidak memenuhi syarat, mekanisme dan melanggar tata tertib dan Undang-Undang MD3, dengan itu maka pimpinan sidang yang menjadi ketua saya laporkan ke MKD,” jelas Boyamin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top