Investasi

Merah Putih Bidik Investasi Untuk 30 “Startup”

Merah Putih Bidik Investasi Untuk 30 "Startup"
Ilustrasi/Sumber Foto: Dok BI

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM– Perusahaan Ventura plat merah, Merah Putih Fund siap mengucurkan investasi untuk membiayai sekitar 30 start up pada kuartal III 2023. Adapun peluang berinvestasi itu bisa pada semua segmen mulai dari fintech, logistik, perikanan, sampai agrikultur. . “Yang penting kita niat untuk investasi, tapi tidak dapat terlalu detail karena masih proses negosiasi juga,” kata Ketua Project Management Officer (PMO) Merah Putih Fund Eddi Danusaputro, Sabtu (15/7/2023).

Lembaga pendanaan gabungan di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengaku masih dalam tahap pengumpulan dana. Terakhir dilaporkan, Merah Putih Fund telah memiliki dana sekitar Rp4,7 triliun untuk diinvestasikan. “Yang jelas dananya mulai dikumpulkan,” ucapnya singkat.

Meskipun begitu, ia memastikan kriteria perusahaan rintisan yang akan dibiayai tidak akan berubah dari komitmen semula.

Adapun, startup yang bisa mendapatkan investasi dari Merah Putih Fund adalah yang semua pendirinya adalah orang Indonesia.
Kemudian, startup tersebut harus memiliki kantor operasional di Indonesia.

Selain itu, perusahaan rintisan juga harus memiliki rencana go public atau mencatatkan saham perdana di Indonesia. Terakhir, Eddi bilang, valuasi perusahaan harus yang berada di kisaran 200-300 juta dollar AS.

Lebih lanjut, Eddi mengungkapkan, Dana Ventura Merah Putih Fund juga masih membuka kemungkinan untuk menambah pendanaan. Namun, ia sadar proses penggalangan dana ini tidak akan berjalan mudah mengingat dana yang terkumpul memang belum diinvestasikan.

Dalam penyaluran investasi, pihaknya akan tetap mengutamakan prinsip kehati-hatian. Artinya, dana tidak akan digelontorkan sekali waktu, tetapi terus melihat pertumbuhan potensi dari startup.

Sebagai informasi, terdapat lima modal ventura korporat (corporate venture capital/CVC) milik badan usaha milik negara (BUMN) yang bergabung dalam Merah Putih Fund, yaitu MDI Ventures (Telkom), Telkomsel Mitra Inovasi (Telkomsel), BNI Ventures (BNI), BRI Ventures (BRI), dan Mandiri Capital Indonesia (Bank Mandiri).***

Penulis    :   Budiana

Editor      :   Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top