Nasional

Menlu Retno Siap Tampung Bantuan Masyarakat ke Rakhine

JAKARTA- Menteri Luar Negeri Retno L. Marsudi mengungkapkan pemerintah mendapat informasi tentang adanya antusiasme yang tinggi dari masyarakat Indonesia untuk memberi bantuan kemanusiaan kepada warga Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Untuk itu, pemerintah siap menampung berbagai unsur masyarakat yang ingin memberikan bantuan, pemerintah akan membantu menampung dan menyalurkan bantuan tersebut.

“Diplomasi kemanusiaan ini kita melakukan sinergi, karena ini (tahap pertama) memang bantuan dari pemerintah. Tapi kita dapat informasi banyak sekali keinginan banyak pihak ingin juga berikan sumbangan kontribusi bagi pengungsi itu akan kita tampung dan salurkan,” kata Menlu Retno Marsudi usai mendampingi Presiden Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Menlu Retno mengimbau masyarakat yang ingin berkontribusi dapat berkoordinasi dengan pihaknya agar penyaluran bantuan dapat berjalan maksimal.

“Maka itu, sinergi pemerintah, masyarakat, ormas, pemda, dan lain-lain menjadi sangat penting. Artinya kita keluar dengan satu nama, Indonesia,” kata Retno.

Ia menambahkan, apabila tak ada halangan, bantuan tahap pertama dari Indonesia ini diharapkan akan tiba pada hari Kamis atau paling lambat Jumat di Bangladesh.(nto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top