Nasional

Mendagri akan Lantik Plt Gubernur DKI Senin Sore

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan kembali melantik pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, pada Senin (6/3/2017) pukul 17.00 Wib untuk menggantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), karena memasuki kampanye Pilkada putaran kedua mulai 7 Maret 2017 mendatang.

Namun, Tjahjo enggan mengungkap nama pejabat yang ditunjuknya untuk menjadi Plt Gubernur DKI. Sebelumnya, Tjahjo menunjuk Sumarsono sebagai Plt Gubernur DKI ketika Ahok-Djarot cuti kampanye putaran pertama. “Akan dilantik pukul 17.00 Wib,” tegas politisi PDIP itu di Jakarta, Senin (6/3/2017).

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu menjadi Plt Gubernur DKI pada 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017. KPU DKI sudah menetapkan jadwal kampanye putaran dua pada 7 Maret-15 April 2017.

Ahok-Djarot yang meraih suara terbanyak dalam putaran pertama sekitar 43 % akan bertarung melawan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, yang mendapat 39 % suara.

Sebelum cuti kampanye pilkada, Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menitipkan pesan ke jajarannya terkait program kerja yang harus tetap berjalan. Politisi PDIP itu meminta disiapkan langkah antisipasi banjir karena potensi cuaca ekstrem bulan April.

“Antisipasi banjir. Kemarin kami pesan juga ada beberapa titik di mana sudah bersedia dibikin embung-embung, kita akan bikin embung-embung kemudian saya ketemu sama warga,” kata Djarot.

Selain itu Djarot berpesan kepada siapa pun yang menjadi pelaksana tugas (Plt) gubernur agar mengambil alih urusan dana operasional untuk RT dan RW. Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus tetap memberikan pelayanan terbaik bagi warga DKI.

“Saya juga titip kepada Plt, sebelumnya kan kami sudah mengajukan untuk penambahan atau peningkatan dana operasional bagi RT dan RW, surat sudah ada di DPRD, tinggal menunggu nanti Pergub-nya. Dan, saya titip kepada seluruh SKPD tetap semangat untuk bisa melayani warga dengan sebaik-baiknya. Bagi kami adalah kepentingan warga yang nomor satu, pelayanan yang terbaik adalah nomor satu, itu lah yang menjadi skala prioritas kami,” tambahnya.

Djarot dan Ahok harus cuti kampanye untuk pilkada putaran kedua. KPU DKI Jakarta sudah menetapkan masa kampanye pilgub putaran II mulai 7 Maret hingga 15 April 2017.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top