Market

Melihat Kehidupan di Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Kompas.com

SUARAINVESTOR.COM–Finlandia menjadi negara paling bahagia selama empat tahun berturut-turut, menurut World Happiness Report.

Mengutip Kompas.com, Laporan negara paling bahagia ini dirilis pada Jumat (19/3/2021) dengan meneliti orang-orang di 149 negara menggunakan metode analisis Gallup.

Khusus di masa pandemi Covid-19, indikator kebahagiaan dalam laporan ini mempertimbangkan struktur demografi, sosial dan politik nasional telah dikombinasikan dengan kebijakan strategis, tingkat penularan penyakit dan kematian akibat virus corona di suatu negara.

Mengapa Finlandia menduduki posisi pertama? Mari menilik kondisi di negara paling bahagia ini.

Biaya layanan kesehatan murah

Kompas.com

Kompas.com

Layanan kesehatan publik di Finlandia dibiayai melalui pajak kota. Seluruh penduduk memiliki hak untuk menggunakan perawatan kesehatan publik dan dilindungi oleh sistem jaminan sosial Finlandia.

Dilansir dari Insider, pendiri firma hukum Fact Law di Finlandia dan Amerika Serikat, Tom Lippo, mengatakan, masalah kesehatan di Finlandia adalah urusan moral, bukan ekonomi.

Sistem jaminan sosial Finlandia memberikan bantuan keuangan bagi individu dan keluarga sejak lahir hingga usia tua dalam situasi kehidupan yang berbeda.

Tunjangan itu juga meliputi tunjangan kesehatan dan pengangguran.

Ada juga beberapa jenis tunjangan bagi keluarga, seperti tunjangan anak, tunjangan penitipan di rumah, tunjangan pengasuhan pribadi, tunjangan melahirkan, dan sebagainya.

Hal ini membuat kekhawatiran Finlandia soal biaya kesehatan sedikit sirna, kemudian membuat mereka lebih bahagia.

Fasilitas dan kebutuhan publik

Kompas.com

Kompas.com

Negara kecil dengan penduduk sekitar 5,5 juta jiwa ini juga memerhatikan kinerja masyarakat, kesetaraan, pendidikan, sumber daya manusia, dan kesejahteraan anak-anak.

Universitas Helsinki merangkum prestasi Finlandia yang dicatat dunia dalam menjamin fasilitas dan kebutuhan publik, meliputi:

Jadi negara paling aman berdasarkan World Economic Forum, The Travel & Tourism Competitiveness Report 2017

Jadi negara paling bebas menurut Freedom House, Freedom in the World 2019

Negara paling stabil menurut The Fund for Peace, Fragile States Index 2019

Negara paling bahagia menurut Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan, Laporan Kebahagiaan Dunia 2019

Negara yang memiliki peringkat ketiga sebagai negara dengan kesetaraan gender menurut World Economic Forum, Global Gender Gap Index 2020

Negara dengan ketimpangan terendah kedua di antara anak-anak menurut UNICEF, Fairness for Children.

Finlandia juga memiliki modal manusia paling banyak menurut The Lancet dari 195 negara dan wilayah mulai 1990 sampai 2016 di dunia.

Pendidikan

Kompas.com

Kompas.com

Finlandia menyediakan pendidikan anak usia dini yang berkualitas tinggi dan sekolah yang komprehensif.

Sekolah di Finlandia tidak dipungut biaya kecuali Sekolah Internasional, seperti Universitas Helsinki.

Selain itu, Finlandia menghargai siapa pun yang bekerja sebagai guru dengan memastikan para guru mendapatkan pelatihan terbaik dan gaji yang sangat baik.

Pendidikannya berbasis meritokrasi, mendorong siswa di usia muda untuk bekerja keras.

Mulai kelas 9 SMP, pelajar bisa mendaftar ke sekolah menengah dan penerimaan didasarkan pada IPK, mirip seleksi di universitas.

Cara ini membantu anak-anak merumuskan jalur masa depan mereka sejak dini dan belajar lebih fokus pada bidang yang diminatinya.

Masalah pendidikan juga dapat ditengarai dari tingkat literasi di suatu negara.

Masih dari Insider, Finlandia menempati peringkat negara paling melek huruf pada 2016 dan orang Finlandia menyukai perpustakaan mereka

Kegemaran membaca membuat sebagian besar orang Finlandia menguasai beberapa bahasa, seperti Inggris, Finlandia, dan Swedia.

Orang Finlandia menghabiskan waktu, mengerjakan tugas seolah, dan mencurahkan hobi di perpustakaan.

Keseimbangan hidup

Kompas.com

Kompas.com

Orang Finlandia menghargai keseimbangan antara waktu untuk bersenang-senang seperti berkumpul bersama keluarga atau teman, dan bekerja.

Keseimbangan kehidupan kerja didukung oleh libur panjang dan jam kerja yang wajar.

Hari libur dan hari kerja di Finlandia berbeda-beda. Hal itu tergantung bidang pekerjaannya. Normalnya, masing-masing memiliki rata-rata jam kerja 8 jam.

Beberapa perusahaan memiliki sistem cuti berbayar untuk karyawan mereka, termasuk, cuti orangtua dan cuti sakit. Juga umum untuk memiliki liburan musim panas berbayar tahunan selama empat minggu, yang biasanya jatuh pada Juli.

Di banyak bidang pekerjaan, hak cuti tahunannya bisa mencapai 30 hari. Itu adalah hak cuti minimun tahunan menurut undang-undang dan pekerja tetap dibayar.

Di Finlandia, hari libur tidak dianggap sebagai bagian dari cuti tahunan. Oleh karena itu, gaji dibayarkan seperti hari kerja biasa.

Penduduk di negara seribu danau ini sudah bertamasya ke luar negeri dan menikmati keindahan alam.

Orang-orang Finlandia suka menjelajahi alam bebas. Karenanya, negara ini memiliki lebih dari 40 taman nasional dan pulau-pulau di Laut Baltik hingga Lapland utara.

Mereka suka mendaki gunung atau bersepeda, sehingga sangat menghargai ruang terbuka. Bahkan tanah pribadi dapat diakses oleh semua orang selama tidak mencuri.

Meski musim dingin di Finlandia cukup hebat, tetapi warga memanfaatkannya sebagai aktivitas tambahan, seperti seluncur es, ski lintas alam, dan naik kereta dorong.

Mereka juga suka sauna. Sauna terbukti meningkatkan kekebalan dan kesejahteraan

Hampir setiap kompleks rumah atau apartemen memiliki sauna. Dari populasi sekitar 5,5 juta orang, diperkirakan ada lebih dari 2 juta sauna di negara tersebut. ***

Sumber: Kompas.com

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top