Nasional

Mayoritas Anggota Komisi III DPR Enggan Komentar Terkait Kasus Pembunuhan Brigadir J?

Mayoritas Anggota Komisi III DPR Enggan Komentar Terkait Kasus Pembunuhan Brigadir J?
Ilustrasi Rapat Paripurna DPR/Foto: Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan petinggi Polri membuat rakyat bertanya-tanya kepada DPR. Karena selama ini hanya segelintir anggota Komisi III DPR yang bersuara terkait paska penetapan Irjen Pol FS sebagai tersangka. “Ada apa dengan Komisi III DPR, kok kasus Ferdy Sambo, mereka diam seribu bahasa. Tidak mau banyak berkomentar,” kata Peneliti Center for Budget Analisys (CBA), Uchok Sky Khadafi kepada suarainvestor.com, Rabu (10/8/2022).

Lebih jauh Uchok mengkritik keras sikap anggota Komisi III DPR yang pasif terhadap kasus besar yang menjadi perhatian masyarakat. “Seolah dianggap kasus pembunuhan polisi ini, seperti kasus biasa-biasa saja, gitu iya,” ujarnya.

Bahkan aktivis muda NU ini menilai sikap Komisi III DPR malah kalah jauh dengan eksekutif seperti Presiden Joko Widodo dan Menkopolhukam Moh Mahmud MD yang memberi perhatian serius. “Mereka terus mendorong agar kasus pembunuhan terhadap Brigadir J ini dibuka secara transparan, dan segera mungkin diselesaikan,” paparnya.

Lebih lanjut Uchok mendorong masyarakat berani melaporkan sikap anggota Komisi III DPR yang terkesan acuh dan tak acuh ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. “Agar anggota Komisi III diperiksa MKD, apalagi paska penetapan FS sebagai tersangka. Saya menduga Komisi III DPR sudah defisit moral,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menanggapi terkait mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo yang ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yousua Hutabarat atau Brigadir J. Menurutnya, kerja keras polisi patut diapresiasi karena mengungkap kasus ini dan proses hukum Ferdy Sambo harus sampai persidangan. “Saya sebagai pimpinan Komisi III dan saya yakin juga seluruh masyarakat Indonesia sangat memberikan apresiasi tinggi pada Kapolri dan tim,” katanya pada Rabu (10/8/2022).

Kemudian, ia melanjutkan penjelasan Kapolri Jenderal Sigit dan jajaran mengenai kronologi serta peran para tersangka dalam penembakan Brigadir J sangat transparan dan masuk akal sesuai harapan masyarakat. “Penjelasan Kapolri dan Kabareskrim sangat terang benderang, tegas dan tidak mencederai logika serta hati nurani masyarakat,” ujar Sahroni.

Sahroni mendukung proses hukum Irjen Ferdy Sambo dan tersangka lainnya hingga proses persidangan. Momentum baik dan dukungan masyarakat untuk jajaran Polri. “Saya berharap proses hukum yang bagus ini terus dilanjutkan sampai persidangan. Karena ini momentum yang sangat baik sekali untuk Polri,” imbuhnya. ***

Penulis      :   Eko

Editor        :   Eko

Print Friendly, PDF & Email
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BERITA POPULER

To Top