Nasional

Masyarakat Asal Tapanuli Tengah – Sibolga se-Jabodetabek Gelar Halal Bihalal

Masyarakat Asal Tapanuli Tengah - Sibolga se-Jabodetabek Gelar Halal Bihalal
Akbar Tandjung didampingi puterinya menyanyikan “Aek Sibundong”/foto dok Gabema

JAKARTA,SUARAINVESTOR.COM — Masyarakat asal Tapanuli Tengah – Sibolga se-Jabodetabek (Jakarta–Bogor–Depok–Tangerang–Bekasi) menghadiri Halal Bi Halal 1444 H/2023 M di lobby Gedung Nusantara V Kompleks MPR/DPR/DPD RI Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023).

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Keluarga Besar Masyarakat (Gabema) Tapanuli Tengah – Sibolga menyelenggarakan halal bi halal bertema “Teguh dalam Keyakinan dan Akrab dalam Persaudaraan Mewujudkan Tapanuli Tengah – Sibolga yang Maju” dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M untuk mempererat silaturahmi. Karena silaturahmi memperpanjang umur, dan meluaskan rezeki.

Ketua Panitia Ali Akil Parlindungan Siregar menjelaskan, tercatat lebih 500 masyarakat asal Tapanuli Tengah – Sibolga se-Jabodetabek yang menghadiri halal bi halal. Halal bi halal sempat tertunda beberapa kali karena pandemi Covid-19.

Sedangkan Ketua Umum DPP Gabema Tapanuli Tengah – Sibolga, Masriadi Pasaribu, dalam sambutannya mengajak perantau untuk memperteguh keyakinan dan mengakrabkan persaudaraan mewujudkan Tapanuli Tengah – Sibolga yang maju. “Mari kita memberikan kontribusi di bidang pendidikan dan ekonomi. Kita kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupanten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga serta pemerintah pusat. Untuk pemerintah pusat, kita mendorong pengembangan kawasan pariwisata religi di Barus dan penerbangan kembali maskapai Garuda Indonesia melayani rute Jakarta – Sibolga. Agar wisatawan setelah berkunjung ke Danau Toba juga ke Barus.”

Dia menghimbau perantau untuk menghindari perselisihan dan pertengkaran karena perbedaan marga, suku, dan agama, serta pilihan politik menjelang pemilihan umum tahun 2024.

Dalam kesempatan itu, Masriadi memperkenalkan sejumlah calon anggota lembaga legislatif (DPR RI dan DPD RI) kepada hadirin, yaitu Albiner Sitompul dan Ernawaty Tampubolon (keduanya calon anggota DPD RI); serta Fitri Krisnawati Tandjung, Risman Pasaribu, Askif Pasaribu, dan Ricky Saputra (keempatnya calon anggota DPR RI).

Di panggung, Akbar menyanyikan lagu legendaris berjudul “Aek Sibundong”. Aek Sibundong adalah sungai satu-satunya dari Humbang Hasundutan yang melewati Sorkam sebagai kampung halaman Akbar, dan bermuara ke Samudera Indonesia di pantai Sorkam. Lagu yang dari generasi ke generasi melekat dalam kehidupan warga di jalur sungai, termasuk Akbar di masa kecilnya.

Untuk memeriahkan acara, panitia mengundang jajaran Dewan Pertimbangan, Dewan Penasihat, Dewan Pembina, Dewan Pakar, dan Dewan Perwakilan dalam kepengurusan DPP Gabema Tapanuli Tengah – Sibolga. Dihadiri antara lain Ketua Dewan Pertimbangan DPP Gabema Tapanuli Tengah, Akbar Tandjung, beserta anggota (Timbo Hutagalung, John B Situmeang, Tahir Ferdian, dan Parasian Simanungkalit); Ketua Dewan Penasihat DPP Gabema Tapanuli Tengah, Albiner Sitompul, beserta anggota (Askif Pasaribu, Dosman Sigalingging); Ketua Dewan Pakar DPP Gabema Tapanuli Tengah – Sibolga Syukri Batubara, beserta anggota (Rusmin Tumanggor), dan Ketua Dewan Perwakilan DPP Gabema Tapanuli Tengah – Sibolga, Muhrin Pohan, beserta anggota. Juga pengurus perkumpulan puak-puak, yakni Ketua Yayasan Pembangunan Masyarakat Sorkam (YAPEMAS) Safwan Tandjung beserta anggota, Himpunan Kerukunan Kekeluargaan Barus (HIKKBAR), Persaudaraan Perantau Sibolga (Perpesi), Pengajian Masyarakat Sibolga Sekitarnya (PMSS), Pengajian Masyarakat Tapiannauli Sekitarnya (PMTS), Paguyuban Masyarakat Tapanuli Tengah (PMTT), dan Kerukunan Keluarga Besar Sutan Syahi Alam Pohan Raja Barus, Yayasan Barus Raya Bertuah (YBRB), dan Panggorbas Sorkam Kiri. Selain itu, dihadiri Ketua Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli) Fitri Krisnawati Tandjung, isteri Akbar, Krisnina Maharani; dan anggota DPR RI Masinton Pasaribu.

Panitia juga mengundang perwakilan pemerintah daerah seperti Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Martua Sitorus mewakili Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, dan Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
Selama halal bi halal, tersaji kuliner aneka rasa, yaitu rendang suir kering, dendeng suir kering, katupek katan, tape, mie gomak, pohul-pohul durian, palei bada, panggang geleng, kue talam ubi/nasi lamak, es tebak, panukkuk, lapek bainti, karupuk balado, kue itak itak, kue talam pandan/jelok, lingi lingi, lapek kue koci, onde onde bacucuk, kue opom kunik, kue sangko, kue sapik, dan kue bongkol.

Kepanitiaan halal bi halal terdiri atas penanggung jawab Ketua Umum DPP Gabema Tapanuli Tengah – Sibolga Masriadi Pasaribu dan sekretaris umum, Masnur Pohan. Sebagai pelaksana, Ali Akil Parlindungan Siregar (ketua), Ikhwan Mansyur Situmeang (sekretaris), dan Mangaraja Ade Pardede (bendahara).

Keluarga Besar Masyarakat (Gabema) Tapanuli Tengah – Sibolga merupakan wadah perantau asal Tapanuli Tengah – Sibolga yang didirikan tanggal 23 Februari 1983 dan diresmikan di Jakarta Fair Arena Kemayoran, Jakarta Pusat. Tokoh-tokohnya antara lain Akbar Tandjung (Ketua DPR RI 1999-2004) dan Jenderal TNI (Purn) Feisal Tanjung (Panglima ABRI 1993-1998). Untuk masa bakti sekarang, Akbar ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPP Gabema Tapanuli Tengah – Sibolga beserta anggota antara lain Chairul Tanjung, Yasonna Hamonangan Laoly, Dahnil Anzar Simanjuntak, Aulia Tantowi Pohan, dan John B Situmeang.

Penulis: M Arpas

Editor: Budiana

Print Friendly, PDF & Email

BERITA POPULER

To Top