Industri & Perdagangan

Masalah PIRT-BPOM Terkait UMKM, Jukrah Soal Sertifikasi Pangan Sedang Disusun

Ilustrasi Produk UMKM/Foto; Anjasmara

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM–Pembinaan dan sosialisasi menjadi prioritas utama terhadap permasalahan UMKM yang tak memiliki PIRT dan izin edar BPOM. Kerja sama antara KemenKopUKM, Polri dan BPOM menjadi dasar untuk menenangkan para pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya. “Semua arahan dari Mabes Polri segera ditindak lanjuti sehingga pelaku usaha mikro dan kecil dapat menjalankan usahanya dengan tenang dan nyaman,” kata Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM Henra Saragih, Kamis (21/10/2021).

Mabes Polri dan KemenKopUKM sepakat lebih mengedepankan pembinaan dan sosialisasi terhadap para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah terkait berbagai perizinan yang diperlukan oleh UMKM. “Banyak permasalahan hukum yang dihadapi oleh pelaku UMKM terkait dengan izin edar dan izin produksi industri rumah tangga,” ujarnya.

Pada pertemuan tiga lembaga itu, ada MoU (Nota Kesepahaman) bahwa para pelaku usaha mikro dan kecil lebih diupayakan kepada arah pembinaan, bukan kepada penangkapan.
“Melalui PKS yang tengah disusun, kami bersama Polri akan mengedepankan sosialisasi kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah terkait perizinan-perizinan yang diperlukan oleh UMKM,” ucap Henra.

Lebih lanjut, Henra menambahkan Setelah adanya perjanjian kerja sama, Polri akan menerbitkan Petunjuk Arahan (Jukrah) Penanganan UMKM.

Henra menambahkan, Mabes Polri juga menyarankan agar disusun klasifikasi jenis pangan yang diizinkan memperoleh Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tanga dan yang tidak diizinkan memperoleh Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga, sesuai dengan Peraturan Kepala BPOM No. 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga. ***

Penulis : Iwan Damiri
Editor   : Kamsari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top