Nasional

Ma’ruf Amin Tunjuk Delapan Staf Khusus Wapres

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengumumkan 8 staf khusus yang akan membantunya dari beberapa bidang. Pengumuman 8 orang staf khusus itu disampaikan langsung oleh Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Senin (25/11/2019).

“Saya menyampaikan salam dari Pak Wapres bahwa beliau baru saja memanggil seluruh staf khusus yang sudah mendapatkan surat keputusan dari Presiden, ada 8 orang staf khusus,” kata Masduki.

Menurut Masduki, para staf khusus itu diangkat berdasarkan bidang mereka masing-masing yang sesuai nomenklatur dan peraturan sebelumnya sejak era Wapres Jusuf Kalla.

Berikut adalah 8 nama Staf Khusus Wapres:

  1. Mohamad Nasir, mantan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai Staf Khusus Wapres bidang Reformasi Birokrasi
  2. Satya Arinanto, staf khusus sejak era Wapres Jusuf Kalla yang akan membidangi masalah hukum
  3. Sukriansyah S Latief, mantan staf khusus Kementerian Pertanian sebagai Staf Khusus Wapres bidang Infrastruktur dan Investasi
  4. Lukmanul Hakim, Direktur LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI), sebagai Staf Khusus Wapres bidang Ekonomi dan Keuangan
  5. Muhammad Imam Aziz, Ketua Harian PBNU sebagai Staf Khusus Wapres bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah, yang akan menangani pemberdayaan masyarakat, masalah kemiskinan, isu-isu HAM
  6. Robikin Emhas, Ketua Harian PBNU sebagai Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga
  7. Masduki Baidlowi, Staf Khusus bidang Komunikasi dan Informasi
  8. Masykuri Abdillah, Guru Besar Hukum Islam UIN Jakarta sebagai Staf Khusus Wapres bidang Umum

Kata Masduki, penunjukan tersebut merupakan prerogratif Ma’ruf Amin yang mempertimbangkan kenyamanan dan profesionalisme. “Pertimbangan pertama, saya kira karena ini semacam wilayah kewenangan wakil presiden. Tentu saja ini adalah bagaimana wakil presiden nyaman dengan orang-orang yang bersangkutan,” ujarnya.

Menurut dia, stafsus Wapres ini semacam bagian politik kehakan yang dimiliki orang ketika masuk ke jenjang politik tertentu. Itu orang-orang yang nyaman, profesional di bidangnya untuk menangani persoalan..

“Penunjukan tersebut tidak ada intervensi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan Ma’ruf Amin mempunyai hak untuk memilih staf khusus,” pungaksnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top