Nasional

Margarito: Vonis Hakim Buktikan Setya Novanto Tak Terlibat E-KTP

JAKARTA, Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menilai dalam vonis Irman dan Sugiharto, membuktikab bahwa Ketua DPR Setya Novanto tidak terlibat dalam kasus e-KTP.

Pasalnya nama Novanto tidak disebut dalam vonis hakim kepada dua terdakwa Irman dan Sugiharto tersebut. “Secara hukum Novanto harus clear, harus clear” tegas Margarito pada wartawan di Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Menurut Margaritoi, berdasarkan vonis hakim yang tidak menyebut nama Novanto, memastikan Ketua Umum Golkar itu tidak terlibat melakukan korupsi, memperkaya diri sendiri atau orang lain, dan atau melakukan korporasi untuk melakukan kejahatan korupsi.

Hal itu sesuai pasal 2 ayat (1) atas pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Karena itu Margarito mengaku bingung dengan KPK yang menjadikan Setya Novanto Tersangka. “Nah itu kan mentersangkakan Novanto pake pasal apa?,” katanya mempertanyakan.

Vonis hakim sendiri menyebut, aliran dana e-KTP hanya mengalir kepada mantan anggota Komisi II DPR Miryam S Haryani, Ade Komaruddin dan Markus Nari. Nama Novanto sendiri tidak disebut menerima dana e-KTP.

“Tapi itu kan (dakwaan KPK) dikesampingkan oleh hakim. Hakim tidak yakin terhadap fakta yang hanya berasal dari surat dakwaan tersangka kasus e-KTP dalam persidangan sebelumnya,” jelas Margarito.

KPK selalu mengatakan, tunggu dalam persidangan, tunggu putusan hakim. “Faktanya untuk Novanto hakim tidak menyebut. Fakta dalam persidangan itu tidak memperlihatkan keterlibatan Novanto,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top