Nasional

Manajemen Kepegawaian PUPR Terima 4 Penghargaan BKN Award 2020

JAKARTA, SUARAINVESTOR.COM-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meraih empat penghargaan sekaligus dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) yakni BKN Award 2020. Penghargaan tersebut diumumkan secara virtual pada acara Rakornas Kepegawaian Virtual 2020 BKN yang dibuka oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, Kamis (17/12/2020). Penghargaan diberikan atas penilaian keberhasilan dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) di Kementerian PUPR harus menjadi bagian dari SDM yang unggul untuk mendukung Visi Indonesia Maju. “Tiga aspek dalam birokrasi reformasi yakni kelembagaan, sumber daya manusia (SDM) dan nilai dasar atau corporate culture. Di sisi SDM salah satunya kami memakai Sistem Merit ASN, Penilaian Potensi dan Kompetensi (Talent Pool) dan menerapkan budaya iProve,” kata Menteri Basuki.

Kementerian PUPR mendapatkan BKN Award untuk posisi pertama dalam Kategori Penilaian Kinerja. Posisi pertama juga diraih Kementerian PUPR pada Kategori Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun.

Sedangkan untuk Kategori Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT), Kementerian PUPR mendapatkan posisi kedua. Selanjutnya di Kategori Penilaian Kompetensi, Kementerian PUPR menempati posisi ketiga.

Dukungan manajemen menjadi bagian penting dari pembangunan infrastruktur PUPR sehingga tepat mutu, tepat waktu dan tepat administrasi yang memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat. Untuk itu, Kementerian PUPR melakukan pengembangan kompetensi yang terdiri dari pelatihan dan pendidikan serta pengembangan talenta yang terdiri dari penilaian potensi dan kompetensi, pemetaan dan pengambangan karir, pemantauan manajemen kinerja dan pengelolaan talenta.

Pengembangan komptensi tersebut dirangkum menjadi Sistem Merit ASN yang merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. Delapan aspek Sistem Merit yakni 1. Perencanaan kebutuhan pegawai; 2. Pengadaan ASN; 3. Pengembangan Karir dan Kompetensi 4. Promosi dan mutasi 5. Manajemen Kinerja 6. Penggajian, Penghargaan dan disiplin 7. Perlindungan dan Pelayanan 8. Penerapan sistem pendukung/sistem informasi. Penerapan delapan aspek Sistem Merit ini diharapkan dapat mengubah pola pikir dan pola kerja menjadi lebih baik, kinerja berintegritas dan profesionalitas.

Kementerian PUPR juga terus melakukan inovasi pengelolaan SDM di antaranya dengan Penilaian Potensi dan Kompetensi (Talent Pool) serta Simpeg (sistem kepegawaian) dan pelaporan. Talent Pool dimulai dari visium, jabatan kunci, asesmen, penilaian kinerja, talent mapping. Penilaian Potensi dan Kompetensi merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan untuk menyusun profil ASN PUPR dan upaya mempercepat penguatan jafung sesuai dengan kebijakan Presiden Joko Widodo untuk menyederhanakan Jabatan Struktural ehhmenjadi dua level.

BKN Award 2019 diberikan kepada 30 Kementerian /Lembaga/Daerah (K/L/D) dengan implementasi terbaik manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), yang meliputi enam pemenang disetiap kategorinya. Lima kategori BKN Award 2019 yaitu:

1) Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun;

2) Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT);

3) Penilaian Kompetensi;

4)Penilaian Kinerja; dan

5) Komitmen Pengawasan.

Ini merupakan tahun kelima pelaksanaan BKN Award sejak diluncurkan pada tahun 2016 dengan tujuan untuk memacu kinerja K/L/D dalam melaksanakan empat belas butir manajemen ASN.***

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top